MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA PESANTREN DALAM PEMEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA (STUDI ATAS MA’HAD AL-JAMIAH ULIL ABSHAR STAIN-PONOROGO)

SEMIN, NIM. 1320411257 (2015) MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA PESANTREN DALAM PEMEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA (STUDI ATAS MA’HAD AL-JAMIAH ULIL ABSHAR STAIN-PONOROGO). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA PESANTREN DALAM PEMEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA (STUDI ATAS MA’HAD AL-JAMIAH ULIL ABSHAR STAIN-PONOROGO))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA PESANTREN DALAM PEMEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA (STUDI ATAS MA’HAD AL-JAMIAH ULIL ABSHAR STAIN-PONOROGO))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitianinidilatarbelakangiurgensipendidikankarakter di Indonesia. Hal itudidasarkanpadapersoalandegradasi moral dankarakter yang sangatseriusyang dewasa ini bukanhanyamelanda anak-anak dan remaja yang mayoritas masih berstatus pelajar. Hal tersebut juga mulai merambah di pergururuan tinggi. Pergeserannilaikepribadian yang megarahpadaberbagaiperilaku amoral sudahdemikianjelasdannampakterjadiditengahtengahkehidupanbermasyarakat. Atasdasarkeadaandilapanganpemerintahtergerakuntu kmenatakembalipolapendidikan Indonesia denganmengahdirkan program pemdidikankarakter. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanmanajemenpendidikanberbasisbud ayapesantrendalampembentukankaraktermahasiswa yang dilaksanakanolehMa’had Al-JamiahUlilAbshar STAIN Ponorogo. Maka, untuk mengungkap sisi-sisi permasalahan tersebut peneliti merumuskan masalah sebagai berikut; (1) implementasi manajemen pendidikan berbasis budaya pesantren dalam pemembentukan karakter mahasiswa, (2) apa saja nilai karakter tersebut yang di implementasikan di Ma’had Al-Jamiah Ulil Abshar STAIN Ponorogo, dan (3) faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen pendidikan berbasis budaya pesantren di Ma’had Al-Jamiah Ulil Abshar STAIN Ponorogo dalam pembentukan karakter mahasiswa.Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di Ma’had Al-Jamiah Ulil Abshar STAIN Ponorogo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Sedang untuk menganalisis data, digunakan analisis model Miles dan Huberman, yaitu analisis model interaktif dengan langkah-langkah; pengumpulan data, data reduction, data display, dan data verification. Berdasarkanhasilpenelitiandapatdiketahuibahwa: (1) Dalam aplikasinya Ma’had Al-Jamiah Ulil Abshar STAIN Ponorogomenggunakan 4(empat) fungsi manajemenyaitumanajemenperencanaan, manajemenpengorganisasian, manajemenpelaksanaan, danmanajemenpengawasan. (2) Adapunnilai-nilaikarakter yang diimplementasikan di Ma’had Al-Jamiah Ulil Abshar STAIN Ponorogoyaitu: religius, kejujuran, kedisiplinan, tanggungjawab, toleransi, cintalingkungan, danmenghargaiprestasi. (3) Sedangkan faktor pendukung dan penghambat manajemen pendidikan berbasisbudaya pesantren dalam pembentukan karakter di Ma’had Al-Jamiah Ulil Abshar STAIN Ponorogo, berdasar analisis SWOT ditemukan faktor pendukungnya yaitu: a) lingkunganma’had yang kondusif, b) dukunganpengasuhMa’had Al-Jamiah Ulil Abshar STAIN Ponorogo, c) Ustad/ah yang professional, d) biaya yang terjangkau, e) komitmendankerjasamaantarapengelolaasramadan orang tuamahasantri, f) kerjasamaantarapengelolaMa’had Al-Jamiah Ulil Abshar STAIN Ponorogodenganwargasekitar. Sedangkan faktor penghambat meliputi: a) saranadanprasarana yang kurangmemadai, b) heterogenitasmahasantri, c) keterbatasanwaktupembimbing, d) kondisi internal pribadimahasantri, e) pengaruhbudayaluar yang tidaksejalandenganpendidikankarakter, dan f) media informasidanteknologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam, MA.
Uncontrolled Keywords: Manajemen pendidikan, Budaya pesantren, Pembentukan karakter
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2015 08:13
Last Modified: 21 Oct 2015 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17518

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum