STRATEGI PROGRAM PENDAMPINGAN KEAGAMAAN DAN TUTORIAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI (STUDI ATAS FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGIUNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN IPA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)

CHOIRU UMATIN, NIM. 1320411249 (2015) STRATEGI PROGRAM PENDAMPINGAN KEAGAMAAN DAN TUTORIAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI (STUDI ATAS FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGIUNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN IPA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PROGRAM PENDAMPINGAN KEAGAMAAN DAN TUTORIAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI (STUDI ATAS FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGIUNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN IPA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PROGRAM PENDAMPINGAN KEAGAMAAN DAN TUTORIAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI (STUDI ATAS FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGIUNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN IPA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kecendrungan era globalisasi yang menuntut seseorang untuk memiliki etos belajar sepanjang hayat, melek sosial, ekonomi, politik, budaya dan teknologi memberikan dampak begitu besar terhadap semua aspek kehidupan. Dampak tersebut jika tidak ditangani dengan baik maka akan menyeret masyarakat kepada pola hidup tertentu yang mengakibatakan hilangnya makna hidup secara hakiki dengan mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan dan nilai-nilai ketuhanan. Pembelajaran merupakan salah satu apek yang paling depan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada mahasiwa. Hal ini sudah dilakukan oleh fakultas sanistek di UIN Sunan Kalijaga dengan PPK dan fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta dengan tutorial PAI. Pembelajaran yang baik tidak akan akan sampai kepada tujuan yang diharapakan jika tidak menggunakan strategi yang tepat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisa datanya menggunakan teori Miles dan Heberman yang menggunakan 3 tahapan yaitu, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunkan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Strategi pembelajaran PPK di Fakultas sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Yogyakarta adalah menggunakan strategi pembelajaran andragogi dengan asistensi dengan melibatakan dosen suvervisor, mahasiswa pendamping, peserta sedangkan strategi tutorial PAI di Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Yogyakarta menggunakan strategi dengan assistensi dengan melibatakan tim tutorial fakultas, tutor, peserta, dosen PAI dimasing-masing jurusan. 2) Strategi PPK efektif karena tujuan dari pembelajaran ini tercapai dengan berbagai indikator yang terlihat di setiap tujuan. Strategi tutorial PAI juga efektif sesuai dengan tujuan diadakannyapembelajaran PAI dengan berbagai indikator yang terlihat pada setiap tujuan. 3) Persamaan PPK Di fakultas sains dan teknologi dan tutorial PAI di F.MIPAdilihat dari aspek mata kuliah, segi input peserta, struktur organisasi, pelibatan mahasiswa senior untuk menjadi pendamping, placment test, pembelajaran dimulai dengan stadium general, tujuan umum, bentuk evaluasi. Sedangkan perbedaan keduanya adalah dilihat dari statusnya, Pelibatan dosen, berdasarkan waktu dan tempat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam, M. A.,
Uncontrolled Keywords: Strategi, PPK, Tutorial PAI
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2015 08:44
Last Modified: 20 Oct 2015 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17519

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum