PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI UNIT KEGIATAN MAHASISWA KEROHANIAN ISLAM (STUDI KOMPARASI DI UIN SUNAN KALIJAGA DAN UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA)

MUHAMAD IQBAL IHSANI, SPDI, NIM. 1320411241 (2015) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI UNIT KEGIATAN MAHASISWA KEROHANIAN ISLAM (STUDI KOMPARASI DI UIN SUNAN KALIJAGA DAN UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI UNIT KEGIATAN MAHASISWA KEROHANIAN ISLAM (STUDI KOMPARASI DI UIN SUNAN KALIJAGA DAN UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI UNIT KEGIATAN MAHASISWA KEROHANIAN ISLAM (STUDI KOMPARASI DI UIN SUNAN KALIJAGA DAN UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Muhamad Iqbal Ihsani 1320411241. Pembentukan Karakter Religius Melalui Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam (Studi Komparasi di UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Sanata Dharma). Tesis. Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, Program Studi Pendidikan Islam, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Pada saat ini usaha penanaman nilai-nilai religius dalam rangka mewujudkan budaya religius di Peguruan Tinggi dihadapkan pada berbagai tantangan baik secara internal maupun eksternal. Secara internal, pendidikan di perguruan tinggi dihadapkan pada masalah internal yaitu mahasiswa yang secara psikologis sudah mencapai usia dewasa. Secara eksternal, pembelajaran di perguruan tinggi dihadapkan pada masalah perkembangan zaman seperti etika pergaulan serta masalah sosial-sosial lainnya. Peranan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dimiliki kampus sebagai salah satu alat dalam membentuk karakter itu harus mampu mencounter segala bentuk potensi mahasiswa secara maksimal sesuai dengan kemauan dan bakat mereka masing-masing guna untuk mencegah tindakan negatif yang dilakukan oleh sebagian mahasiswa. Hal inilah yang menjadikan alasan peneliti untuk mengkaji Unit Kegiatan Mahasiswa terutama dalam bidang Kerohanian Islam karena dalam bidang ini mahasiswa diharapkan mampu untuk membentuk karekter religius. Berdasarkan kajiannya, penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan snowboll sampling. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik penganalisisan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan Verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Karakter religius dimaknai sebagai suatu perbuatan baik kepada sesama baik terhadap sesama manusia, baik itu terhadap sesama muslim ataupun non muslim. Karakter religius ini merupakan salah satu sikap dan perbuatan baik yaitu cerminan dari sifat taqwa anggota mahasiswa keluarga muslim. Implementasi Pembentukan Karakter Religius Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam di UIN Sunan Kalijaga itu moral knowing dan moral acting sehingga karakter yang terbentuk: Islam, taqwa, Ikhlas, sabar dan tawakal. Implementasi Pembentukan Karakter Religius Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam di Sanata Dharma itu moral knowing dan moral acting sehingga karakter yang terbentuk iman, ihsan, silaturahmi dan ukhuwah. Keberhasilan UKM Al-Mizan UIN dari program kajian rutin, tafsir jurnalistik dan ngaji sorof sedangkan FKM Budi Utama di USD itu pada program kajian rutin dan pendataan kader. Faktor pendukung seperti lingkungan kondusif karena di area masjid, kesamaan nasib. Faktor penghambat seperti kesibukan para anggota lain untuk mengikuti kajian, dana yang kurang dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Usman, SS, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Karakter, Religius
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Oct 2015 08:46
Last Modified: 05 Oct 2015 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17523

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum