MANAJEMEN INTEGRASI SAINS DAN AGAMA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DI PRODI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN (UNSIQ) JAWA TENGAH DI WONOSOBO

ASRI AMANAH, NIM. 1320411239 (2015) MANAJEMEN INTEGRASI SAINS DAN AGAMA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DI PRODI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN (UNSIQ) JAWA TENGAH DI WONOSOBO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN INTEGRASI SAINS DAN AGAMA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DI PRODI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN (UNSIQ) JAWA TENGAH DI WONOSOBO)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN INTEGRASI SAINS DAN AGAMA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DI PRODI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN (UNSIQ) JAWA TENGAH DI WONOSOBO)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Asri Amanah (1320411239). Manajemen Integrasi Sains dan Agama dalam Pengembangan Kurikulum di Prodi Pendidikan Fisika Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo. Tesis. 2015. Pengembangan wilayah studies Islam di perguruan tinggi banyak dilakukan untuk mereduksi dikotomi keilmuan dalam Islam. Hal tersebut tergambar dalam transformasi beberapa PTAIN/STAIN menjadi UIN, yang disertai dengan perubahan kerangka keilmuan. Salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) yang berupaya mengembangkan wilayah studies Islam adalah Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ). Di antara keilmuan yang dikembangkan di UNSIQ adalah Prodi Pendidikan Fisika. Sebagai bagian dari UNSIQ, Prodi tersebut memiliki kurikulum yang memadukan antara sains dan agama Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi atau dokumen. Untuk menguji kredibilitas data dari sumber data, digunakan triangulasi sumber data. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: Pertama: Integrasi sains dan agama di UNSIQ secara kelembagaan ditandai dengan pengembangan IIQ menjadi UNSIQ, namun secara keilmuan transformasi tersebut tidak disertai perumusan kerangka keilmuan. Perumusan kerangka keilmuan UNSIQ, hingga saat ini masih dalam tahap perbincangan. Implementasi integrasi sains dan agama di UNSIQ, terbagi menjadi empat tataran, yaitu: dalam tataran konsepsional, institusional, pengembangan kurikulum dan pembentukan perilaku. Kedua: Manajemen integrasi sains dan agama dalam pengembangan kurikulum Prodi Pendidikan Fisika UNSIQ, terbagi dalam tahapan POAC sebagai berikut: 1) Perencanaan. Prodi Pendidikan Fisika berpegang pada Al-Qur’an dan visi-misi sebagai landasan pengembangan kurikulum. Kurikulum yang dikembangkan bertujuan membentuk lulusan yang memiliki kemampuan pendidikan fisika sekaligus kemampuan Al-Qur’an, sebagaimana tercermin dalam visi, misi dan capaian pembelajaran. 2) Pengorganisasian. Integrasi dalam pengorganisasian kurikulum, terwujud dengan: Memasukkan matakuliah keagamaan dalam kelompok matakuliah MKB dan MKK, mengadakan Matakuliah Ketakhasusan dan Ke al-Qur’anan (MKQ), dan penambahan matakuliah “Fisika dalam Al-Qur’an dan Hadis” disamping matakuliah ‘Al-Qur’an dan Sains Modern”. 3) Implementasi. Dalam implementasi kurikulum, tidak seluruh dosen memasukkan integrasi sains dan agama dalam penulisan syllabus dan SAP. Sedangkan model integrasi yang digunakan dalam perkuliahan, adalah: menyamakan (similarisasi), menghubungkan dan mengungkap kebenaran Al-Qur’an lewat sains. Integrasi juga terwujud dalam kuliah praktik dan kuliah penulisan (skripsi). 4) Evaluasi. Evaluasi pengembangan kurikulum dilakukan melalui evaluasi konteks, dokumen dan produk. Ketiga: Faktor-faktor pendukung, yaitu: Keberadaan ahli kurikulum, Tenaga bantu dari kalangan eksternal, Lingkungan pesantren di sekitar UNSIQ, Dukungan dari masyarakat dan Perkembangan sainstek yang cepat. Faktor-faktor penghambat, yaitu: Kuantitas dosen berpendidikan fisika murni, Input mahasiswa yang variatif, dan Sarana prasarana Labolatorium yang kurang lengkap.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Sutrisno, MA
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen, Integrasi Sains dan Agama, Pengembangan Kurikulum
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Oct 2015 08:49
Last Modified: 05 Oct 2015 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17524

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum