MANAJEMEN INTEGRASI KURIKULUM (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI)

IMAN ALIMANSYAH, NIM. 1320411238 (2015) MANAJEMEN INTEGRASI KURIKULUM (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN INTEGRASI KURIKULUM (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN INTEGRASI KURIKULUM (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Iman Alimansyah (1320 411 238). Manajemen Integrasi Kurikulum (Studi Kasus di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri). Tesis. Konsentrasi Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Islam, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Di zaman modern ini, dunia pendidikan di Indonesia membutuhkan kurikulum yang mampu mencetak para generasi-generasi yang mampu bersaing di dunia global yaitu generasi yang memiliki pengetahuan umum dan agama yang seimbang, serta memiliki kepribadian mulia. Pondok Pesantren merupakan salah satu solusi untuk mewujudkan impian tersebut mengingat bahwa Pondok Pesantren telah melakukan banyak perubahan dari segi manajemen, struktur organisasi, dan kurikulum. Berdasarkan kajiannya, penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik penganalisisan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif-kualitatif. Lokasi penelitian ini berada di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri, sebuah Pondok Pesantren yang mengintegrasikan antara kurikulum kemenag, kemendikbud, Pondok Modern Darussalam Gontor, dan Pondok Pesantren Al- Mukmin Ngruki. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana integrasi kurikulum di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri, (2) Bagaimana struktur kurikulum Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri, (3) Apa faktor pendukung dan penghambat integrasi kurikulum tersebut.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, proses manajemen integrasi kurikulum di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri meliputi kegiatan: (a) Planning, berpedoman pada evaluasi kurikulum dan penyesuaian kegiatan dengan visi dan misi, membuat silabus, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, rencana pengelolaan kelas. (b) Organizing, berupa pembagian beban belajar, pembagian tugas mengajar, dan jadwal mengajar. (c) Actuating, berupa kegiatan memulai pembelajaran, penyampaian materi pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, metode pembelajaran, mengakhiri pembelajaran. (d) Controlling berupa kegiatan evaluasi kinerja guru, evaluasi belajar siswa, pedoman penilaian, kriteria ketuntasan belajar, kenaikan kelas. Kedua, bahwa struktur kurikulum Pondok Pesantren Ibul Qoyyim Putri dari segi mata palajarannya meningtegrasikan antara kurikulum kemendikbud, kemenag, Pondok Modern Darussalam Gontor, Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat dalam impelentasi kurikulum terintegrasi di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri yaitu; sebagai faktor pendukungnya meliputi: sarana prasarana, wali santri, masyarakat sekitar. Sedangkan sebagai faktor penghambatnya yaitu: Alokasi waktu pelajaran Pondok Pesantren terkurangi dengan adanya UN dan UAMBN, status guru pesantren kurang diakui, dan kesejahtreraan guru kurang memadai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Mananajemen, Integrasi, Kurikulum.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Oct 2015 08:50
Last Modified: 05 Oct 2015 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17525

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum