PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH (STUDI KOMPARATIF MTS HIDAYATUSY SYIBYAN CENDORO DAN MTS MUHAMMADIYAH 1 KARANGAGUNG PALANG TUBAN)

MOH NASRUL AMIN, NIM. 1320411237 (2015) PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH (STUDI KOMPARATIF MTS HIDAYATUSY SYIBYAN CENDORO DAN MTS MUHAMMADIYAH 1 KARANGAGUNG PALANG TUBAN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH (STUDI KOMPARATIF MTS HIDAYATUSY SYIBYAN CENDORO DAN MTS MUHAMMADIYAH 1 KARANGAGUNG PALANG TUBAN))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH (STUDI KOMPARATIF MTS HIDAYATUSY SYIBYAN CENDORO DAN MTS MUHAMMADIYAH 1 KARANGAGUNG PALANG TUBAN))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Moh. Nasrul Amin, PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH (Studi Komparatif MTs Hidayatush Syibyan Cendoro dan MTs Muhammadiyah 1 Karangagung Palnag Tuban), Tesis, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS), dijelaskan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Oleh karenanya setiap lembaga pendidikan mempunyai peran penting dalam pembentukan kepribadian siswa, seperti lembaga pendidikan madrasah yang ikut mengimplementasikan pendidikan yang berorientasi pada pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggambarkan pendidikan karakter di MTs Hidayatush Syibyan Cendoro dan MTs Muhammadiyah 1 Karangagung, dengan rumusan masalah bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter, nilai-nilai apa saja yang ditanamkan dan apa perbedaan dan persamaan pendidikan karakter di MTs Hidayatush Syibyan Cendoro dan MTs Muhammadiyah 1 Karangagung Palang Tuban. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, dokumentasi madrasah, dewan guru dan siswa. Teknik penggumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif analisis dengan tahapan koleksi data, reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pendidikan karakter di MTs Hidayatush Syibyan Cendoro melalui proses pembelajaran intrakulikuler, pembelajaran ekstrakulikuler atau pengembangan diri dan budaya madrasah. Sedangkan di MTs Muhammadiyah 1 Karangagung melalui pengintegrasian nilainilai karakter dalam seluruh mata pelajaran, proses pembelajaran intrakulikuler, pembelajaran ekstrakulikuler atau pengembangan diri dan budaya madrasah. Adapun nilai-nilai yang ditanamkan di MTs Hidayatush Syibyan Cendoro adalah 20 nilai karakter, 18 nilai karakter yang dirumuskan oleh Kemendiknas dan 2 nilai iman dan taqwa. Sedangkan di MTs Muhammadiyah 1 Karangagung adalah 18 nilai karakter yang merujuk pada Kemendiknas. Persamaan pendidikan karakter dalam kedua madrasah adalah sama-sama berlandaskan pada visi, misi, dan tujuan madrasah, pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran intrakulikuler, ekstrakulikuler atau pengembangan diri siswa dan budaya madrasah, serta 18 nilai karakter yang ditanamkan merujuk pada Kemendiknas. Adapun perbedaanya adalah adanya integrasi nilai-nilai karakter kedalam kurikulum di MTs Muhammadiyah 1 Karangagung dan tambahan nilai karakter yaitu nilai iman dan taqwa pada MTs Hidayatush Syibyan Cendoro.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Karwadi, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Oct 2015 08:52
Last Modified: 05 Oct 2015 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17526

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum