NURUL INAYATUSH SHOKHIKHAH, S PD I, NIM. 1320411236 (2015) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP GURU BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI MTS NEGERI PARAKAN TEMANGGUNG). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP GURU BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI MTS NEGERI PARAKAN TEMANGGUNG))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP GURU BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI MTS NEGERI PARAKAN TEMANGGUNG))
BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Nurul Inayatush Shokhikhah. Pelaksanaan Supervisi Akademik terhadap Guru Bahasa Arab (Studi Kasus di MTs Negeri Parakan Temanggung). Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) Pelaksanaan supervisi akademik di MTs N Parakan, 2) Pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah terhadap guru bahasa Arab, dan 3) Pelaksanaan supervisi akademik pengawas madrasah terhadap guru bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Work Research), dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dengan fokus kajian yaitu pelaksanaan supervisi akademik terhadap guru bahasa Arab. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Pelaksanaan supervisi akademik di MTs N Parakan dilakukan oleh pengawas dan kepala madrasah. Pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dilakukan dengan membentuk tim sembilan. Teknik yang digunakan supervisor berupa teknik individual yang meliputi : (a) kunjungan dan observasi kelas, (b) pertemuan/percakapan individual, dan teknik kelompok yang digunakan adalah mengikutsertakan guruguru dalam MGMP, workshop, diklat, seminar, dan rapat guru. Supervisi akademik pengawas dilakukan dengan teknik pertemuan kelompok. Kendala yang dihadapi kepala madrasah adalah keterbatasan waktu, sedangkan kendala yang dihadapi pengawas madrasah adalah jumlah pengawas belum memenuhi rasio yang ditetapkan, letak madrasah yang jauh, dan perbedaan latar belakang pendidikan pengawas dan guru. (2) Pelaksanaan supervisi akademik terhadap guru bahasa Arab di MTs N Parakan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan penilaian/pelaporan. Penilaian hasil supervisi akademik, menunjukkan bahwa guru bahasa Arab dapat dikatakan profesional karena hasil nilai empat guru bahasa Arab berada pada kategori baik. Kendala kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi akademik adalah ketidaksesuaian kualifikasi akademik supervisor dengan guru bahasa Arab. (3) Pelaksanaan supervisi pengawas terhadap guru bahasa Arab lebih mengarah pada pembinaan. Jenis kegiatan dalam pembinaan supervisi akademik adalah pembuatan program, pelaksanaan program, penilaian/pelaporan, dan rencana tindak lanjut. Pada tahap penilaian, pengawas tidak menggunakan instrumen yang telah direncanakan, penilaian yang dilakukan secara langsung. Langkah lain yang digunakan untuk meningkatkan kompetensi guru bahasa Arab yaitu dengan mengikutsertakan guru bahasa Arab dalam kegiatan MGMP, workshop, diklat, dan seminar-seminar. Kendala dalam pelaksanaan supervisi akademik pengawas adalah ketidaksesuaian latar belakang pendidikan antara pengawas dan guru bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Imam Machali, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Keyword: Supervisi Akademik, MTs N Parakan, Guru Bahasa Arab. |
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 05 Oct 2015 08:55 |
Last Modified: | 05 Oct 2015 08:55 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17527 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |