KUALITAS BUKU AJAR BAHASA ARAB KURIKULUM 2013 (ANALISIS STANDAR BSNP DAN KESILAPAN BAHASA BUKU AJAR BAHASA ARAB TERBITAN KEMENAG DAN TOHA PUTRA)

HABIB ABDUL HALIM, SPDI, NIM. 1320411235 (2015) KUALITAS BUKU AJAR BAHASA ARAB KURIKULUM 2013 (ANALISIS STANDAR BSNP DAN KESILAPAN BAHASA BUKU AJAR BAHASA ARAB TERBITAN KEMENAG DAN TOHA PUTRA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KUALITAS BUKU AJAR BAHASA ARAB KURIKULUM 2013 (ANALISIS STANDAR BSNP DAN KESILAPAN BAHASA BUKU AJAR BAHASA ARAB TERBITAN KEMENAG DAN TOHA PUTRA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KUALITAS BUKU AJAR BAHASA ARAB KURIKULUM 2013 (ANALISIS STANDAR BSNP DAN KESILAPAN BAHASA BUKU AJAR BAHASA ARAB TERBITAN KEMENAG DAN TOHA PUTRA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penilitian ini dilatarbelakangi oleh penyedian buku ajar kurikulum 2013 yang tidak komplit. Penyedian buku ajar yang seharusnya tersedia ketika kurikulum baru diimplementasikan tidak terjadi pada implematasi kurikulum 2013. Misalkan buku ajar bahasa arab Kurikulum 2013 hanya tersedia untuk kelas I, IV, VII, dan X. Penerbitan buku ajar yang tidak keseluruhan tersebut memunculkan indikasi ketergesaan dalam penyusunan buku. Hal ini bisa dilihat dari sistematika buku ajar yang diterbitkan oleh Kemenag (Kementerian agama) tidak sama. Selain buku ajar bahasa arab yang diterbitkan oleh Kemenag, banyak buku yang diterbitkan oleh penerbit lain. Salah satu penerbit yang buku ajarnya banyak digunakan oleh sekolah ialah Toha Putra. Oleh karena itu penelitian ini penulis lakukan untuk mengetahui kualitas buku ajar tersebut sesuai dengan standar yang sudah ditentukan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Pada penelitian ini juga ditambahkan analisis kesialpan bahasa yang meliputi kesilapan dalam hal linguistik, strategi lahiriah, efek komunikasi dan komparasi. Hal ini dilakukan karena ditemukannya poin-poin Hipotesa kesilapan pada kedua buku ajar tersebut. Penelitian ini menggunakan metode content analysis yang digunakan dengan sistematik, objektif dan kuantitatif. Hasil penilitian yang dilakukan menghasilkan beberapa penilaian terhadap buku ajar bahasa arab. Buku ajar bahasa arab terbitan Kemenag untuk kelas I menunjukkan kualitas isi 83.34%, penyajian 83.34%, bahasa 95.84%, dan grafik 87.5%. Buku kelas IV menunjukkan kualitas isi 94.45%, penyajian 83.34%, bahasa 95.84%, dan grafik 90.91%. Buku kelas VII menunjukkan kualitas isi 91.67%., penyajian 91.67%, bahasa 95.84% dan grafik 93.19 %. Buku Kelas X menunjukkan kualitas isi 94.45% , penyajian 91.67%., bahasa 91.67%, dan grafik 92.05%. Adapun buku ajar bahasa arab terbitan Toha Putra untuk kelas I menunjukkan kualitas isi 83.34%, penyajian 68.34%, bahasa 91.67%.dan grafik 88.64%. Buku kelas IV menunjukkan kualitas isi 91.67%, penyajian 60 %, bahasa 87.5%., dan grafik 95.46%. Buku kelas VII menunjukkan kualitas isi 91.67%, penyajian 68.34%, bahasa 83.34%, dan grafik 88.64%. Buku Kelas X menunjukkan kualitas isi 95.84%, penyajian 68.34%, bahasa 83.34%, dan grafik 94.32%. Kesilapan yang terjadi pada buku ajar bahasa Arab Kurikulum 2013 terbitan Kemenag ialah, kelas I terdapat 5 butir kesilapan bahasa. Kelas IV terdapat 18 butir kesilapan bahasa. Kelas X terdapat 30 kesilapan. Kelas X terdapat 27 keilapan bahasa. Untuk buku ajar bahasa arab kurikulum 2013 terbitan Toha Putra ialah kelas I terdapat 3 butir kesilapan bahasa. Kelas IV terdapat 4 butir kesilapan bahasa. Kelas VII terdapat 6 butir kesilapan bahasa. Kelas X terdapat 14 butir kesilapan bahasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hisyam Zaini, M.A
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Oct 2015 08:57
Last Modified: 05 Oct 2015 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17528

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum