DIAN AMALIA NURRONIAH, SPDI, NIM. 1320411225 (2015) ANALISIS MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MAN YOGYAKARTA I. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (ANALISIS MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MAN YOGYAKARTA I)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (ANALISIS MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MAN YOGYAKARTA I)
BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Dian Amalia Nurroniah, 1320411225, Analisis Manajemen Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di MAN Yogyakarta I. Tesis. Konsentrasi Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Supervisi akademik merupakan aktifitas penting dalam praktek penyelenggaraan pendidikan. Kegiatan supervisi akademik dimaksudkan sebagai kegiatan kontrol terhadap seluruh kegiatan pendidikan untuk mengarahkan, mengawasi, membina dan mengendalikan tanggung jawab dalam peningkatan kompetensi guru dan mutu pendidikan, baik proses maupun hasilnya, sehingga kegiatan supervisi akademik dilakukan sejak dari tahap perencanaan sampai pada tahap evaluasi yang akan berfungsi sebagai feed back tindak lanjut dalam rangka perbaikan kompetensi guru dan peningkatan mutu pendidikan ke arah yang lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Penentuan subyek penelitian ini menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan tenik penganalisisan data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskrikriptif-kualitatif dengan pendekatan induktif. Dan pada uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, analisis manajemen supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MAN Yogyakarta I merujuk pada fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan mampu terlaksana secara baik dan cukup efektif. Kedua, Hasil yang dicapai manajemen supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru yaitu (a) Kemampuan merencanakan pembelajaran; (b) Kemampuan melaksanakan pembelajaran; (c) Kemampuan memberikan pemahaman terhadap peserta didik; (d) Kemampuan memanfaatkan teknologi pembelajaran; dan (e) Kemampuan melaksanakan penilaian/evaluasi pembelajaran. Ketiga, Faktor Pendukung meliputi: (a) Kegiatan supervisi akademik yang sudah terjadwal dan teragendakan (b) Kemauan, komitmen dan dedikasi yang tinggi dari guru-guru dalam meningkatakan kompetensi dalam mengajar. (c) Persiapan yang matang dari para guru sebelum disupervisi. (e) Kerja sama yang aktif dengan berbagai instansi. (f) Sarana prasarana yang lengkap (g) Adanya pengawasan melalui CCTV. Faktor penghambatnya yaitu: (a) Pelaksanaan supervisi akademik belum berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal. (b) Kurangnya tindak lanjut dari kepala madrasah setelah dilakukannya supervisi (c) Pelaksanaan supervisi yang hanya setahun dua kali dalam setiap semester, masih kurang efektif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di kelas. (f) Masih kurangnya pemahaman sebagian guru akan arti penting dalam penyusunan buku guru setelah disupervisi. Kontribusi terhadap keilmuan adalah sebagai bahan informasi dan konstribusi pemikiran dalam khasanah ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang manajemen supervisi akademik di MAN Yogyakarta I.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Imam Machali, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 05 Oct 2015 09:21 |
Last Modified: | 05 Oct 2015 09:21 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17533 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |