KEBIJAKAN PERGURUAN TINGGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI PUSAT PELATIHAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)

EKA YULIA RAHMAWATI, NIM. 1320411221 (2015) KEBIJAKAN PERGURUAN TINGGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI PUSAT PELATIHAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN PERGURUAN TINGGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI PUSAT PELATIHAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA))
1320411221_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN PERGURUAN TINGGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI PUSAT PELATIHAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA))
1320411221_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Eka Yulia Rahmawati. Kebijakan Perguruan Tinggi dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus di Pusat Pelatihan Bahasa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) agenda setting (input) sebagai latar belakang munculnya kebijakan Pusat Pelatihan Bahasa (PPB) UMY dalam pembelajaran bahasa Arab, 2) perumusan (formulasi) kebijakan PPB UMY dalam pembelajaran bahasa Arab, 3) implementasi kebijakan PPB UMY dalam pembelajaran bahasa Arab, dan 4) evaluasi dari kebijakan PPB UMY dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Work Research), dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dengan fokus kajian yaitu kebijakan Pusat Pelatihan Bahasa (PPB) UMY dalam pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Kebijakan Pusat Pelatihan Bahasa (PPB) UMY secara umum melalui tahapan-tahapan yang ideal sebagaimana tahapan kebijakan publik pada umumnya. Adapun latar belakang kebijakan PPB UMY dalam pembelajaran bahasa Arab didasari oleh munculnya need assessment jurusan Hubungan Internasional (HI) kepada PPB untuk menfasilitasi mahasiswa dalam belajar bahasa. Hal ini sehubungan dengan pembaharuan kurikulum di jurusan HI yaitu penambahan konsentrasi dunia Islam dimana mahasiswa dituntut untuk menguasai bahasa Arab sebagai bahasa pengantar di dunia Islam (2) Formulasi kebijakan PPB UMY secara umum dapat digolongkan dalam lingkup teori perumusan kebijakan yakni termasuk dalam teori deliberatif. Teori ini menekankan adanya konsultasi, menimbang-nimbang atau “musyawarah” antar pemegang otoritas kebijakan dalam perumusan suatu kebijakan. Hal ini dibuktikan dengan adanya pengambilan kebijakan oleh kepala PPB beserta staff yang dilakukan melalui rapat bulanan dan mingguan bahkan harian dalam pemecahan masalah tersebut. (3) Dalam proses implementasi, PPB UMY menerapkan beberapa strategi yaitu: strategi umum lembaga dan strategi anggaran. Strategi umum lembaga yang meliputi: (a) Kerja sama dengan Lembaga Dakwah dan Taklim Jakarta; (b) Menyusun materi pembelajaran berdasarkan urutan tingkatan kelas; (c) Mengundang beberapa dosen atau pengajar yang merupakan penutur asli bahasa (native speaker); (d) Membentuk bi’ah lugowiyyah; (e) Mengadakan Drop In Centre (DIC); (f) Mengadakan Language Week; dan (g) Mengadakan evaluasi pembelajaran. 4) Hasil evaluasi terhadap kebijakan tersebut menunjukan bahwa kebijakan PPB UMY dalam pembelajaran bahasa Arab mampu mewujudkan sasaran dan tujuan yang dimaksud sehingga kebijakan ini dinilai efektif dan perlu dipertahankan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Keyword: Kebijakan, Perguruan Tinggi , Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Oct 2015 09:25
Last Modified: 05 Oct 2015 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17535

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum