BIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI SOSIAL DALAM MEMBANTU SISWA YANG MENGALAMI PRILAKU MALADJUSMENT (STUDI DESKRIPTIF SMA PLUS BUSTANUL ULUM MLOKOREJO JEMBER)

SITTI ERNAWATI, SSOSI, NIM. 1320411218 (2015) BIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI SOSIAL DALAM MEMBANTU SISWA YANG MENGALAMI PRILAKU MALADJUSMENT (STUDI DESKRIPTIF SMA PLUS BUSTANUL ULUM MLOKOREJO JEMBER). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI SOSIAL DALAM MEMBANTU SISWA YANG MENGALAMI PRILAKU MALADJUSMENT (STUDI DESKRIPTIF SMA PLUS BUSTANUL ULUM MLOKOREJO JEMBER))
1320411218_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI SOSIAL DALAM MEMBANTU SISWA YANG MENGALAMI PRILAKU MALADJUSMENT (STUDI DESKRIPTIF SMA PLUS BUSTANUL ULUM MLOKOREJO JEMBER))
1320411218_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

SITTI ERNAWATI. Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial Dalam Membantu Siswa yang Mengalami Prilaku Maladjusment (Studi Deskriptif Di SMA Plus Bustanul Ulum Mlokorejo Jember ). Berdasarkan observasi yang telah dilaksanakan oleh penulis di SMA Plus Bustanul Ulum Mlokorejo Jember, terdapat beberapa siswa yang mengalami prilaku maladjusment. Remaja sebagai siswa dengan keterbatasannya sangat membutuhkan bantuan bimbingan dan konseling dalam membantu siswa bantuan menuju prilaku yang well-adjusment. Dari gambaran masalah diatas, tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk prilaku maladjusment siswa, layanan bimbingan dan konseling pribadi sosial dan respon siswa yang mengalami prilaku maladjusment setelah mendapatkan bimbingan dan konseling pribadi sosial di SMA Plus Bustanul Ulum Mlokorejo Jember. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif sebagaimana adanya yang terjadi dilapangan. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK dan siswa yang mengalami prilaku maladjusment. Teknik analisis data yang digunakan yaitu interaktif dan berlangsung secara terus menerus. Pengujian kredibilitas data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menunjukkan bahwa terdapat enam bentuk prilaku maladjusment siswa di SMA Plus Bustanul Ulum Mlokorejo Jember, yaitu (1) tingkah laku aneh atau eksentrik yaitu selalu menyendiri dan menangis, (2) siswa tampak mengalami kesulitan atau gangguan dalam penyesuaian diri hal yaitu tidak betah tinggal di pesantren, malas belajar dan melamun ketika jam pelajaran berlangsung, (3) siswa mengalami distress subjektif yang kronis yaitu siswa tidak mempunyai teman. (4) siswa melakukan reaksi bertahan berupa rasionalisasi, yaitu bertahan untuk mencari-cari alasan untuk menentukan tindakannya, (5) siswa melakukan reaksi menyerang yaitu selalu membenarkan diri dengan tidak bisa dinasehati, tindakan yang serampangan, ingin berkuasa setiap situasi dan mudah marah, (6) siswa melakukan reaksi melarikan diri yaitu, bolos sekolah, kabur dan sering melanggar peraturan serta merokok. Pelaksanaan bimbingan dan konseling pribadi sosial meliputi layanan dasar, perencanaan individual, pelayanan responsive, dukungan sistem. Respon siswa bersifat positif sebagain besar siswa merasakan perubahan yang berlahan namun pasti kearah well adjusment, walaupun ada juga siswa yang belum merasakan dampak yang signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Imas Kania Rahman, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial, Prilaku Maladjusment
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Oct 2015 09:29
Last Modified: 05 Oct 2015 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17538

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum