STATUS DAN PERAN SOSIAL GURU BAHASA ARAB DALAM MASYARAKAT (STUDI KASUS TERHADAP GURU MAN 2 KUDUS BERDASARKAN TEORI STRUKTURAL-FUNGSIONAL)

RIFQI AULIA RAHMAN, NIM. 1320411182 (2015) STATUS DAN PERAN SOSIAL GURU BAHASA ARAB DALAM MASYARAKAT (STUDI KASUS TERHADAP GURU MAN 2 KUDUS BERDASARKAN TEORI STRUKTURAL-FUNGSIONAL). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STATUS DAN PERAN SOSIAL GURU BAHASA ARAB DALAM MASYARAKAT (STUDI KASUS TERHADAP GURU MAN 2 KUDUS BERDASARKAN TEORI STRUKTURAL-FUNGSIONAL))
1320411182_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STATUS DAN PERAN SOSIAL GURU BAHASA ARAB DALAM MASYARAKAT (STUDI KASUS TERHADAP GURU MAN 2 KUDUS BERDASARKAN TEORI STRUKTURAL-FUNGSIONAL))
1320411182_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Rifqi Aulia Rahman. Status dan Peran Sosial Guru Bahasa Arab dalam Masyarakat (Studi Kasus terhadap Guru MAN 2 Kudus Berdasarkan Teori Struktural-Fungsional). Tesis, Yogyakarta: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini berangkat dari permasalahan bahwa keberadaan guru bahasa Arab MAN 2 terkait status dan perannya dalam masyarakat tidak selalu sejalan dengan predikat guru agama yang melekat ketika mengajar di madrasah. Oleh karena itu, rumusan masalah yang diangkat penulis yaitu : 1) Bagaimana status dan peran guru bahasa Arab MAN 2 Kudus dalam masyarakat di luar madrasah; 2) Bagaimana relevansi antara status dan perannya sebagai guru agama di MAN 2 Kudus dengan sebagai anggota masyarakat di tempat tinggal masing-masing; 3) Bagaimana respon masyarakat sekitar terhadap status dan peran guru bahasa Arab MAN 2 Kudus dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan : 1) status dan peran guru bahasa Arab MAN 2 Kudus dalam masyarakat, dan menelusuri argumentasi guru bahasa Arab tersebut dalam memilih status dan perannya dalam masyarakat; 2) relevansi status dan peran guru bahasa Arab MAN 2 di madrasah dengan di tengah masyarakat; 3) Menyingkap respon-respon subjektif dari berbagai kategori masyarakat sekitar terkait status dan peran guru bahasa Arab MAN 2 Kudus dalam masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun data dikumpulkan melalui metode wawancara (interview), observasi (observation) studi dokumenter (documentary study) dan triangulasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik kualitatifinteraktif. Sedangkan pola pikir yang digunakan dalam memverifikasi data adalah induktif-deduktif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Semua guru bahasa Arab MAN 2 Kudus menyandang status dan peran sosial bermacam-macam di dalam masyarakat. Status beserta perannya itu tidak hanya menempati bidang kependidikan, melainkan juga merambah kepada bidang kemasyarakatan yang lain, meliputi pengobatan (kesehatan), kepemimpinan organisasi (manajemen), dan penyuluhan kerohanian (agama); 2) relevansi antara status dan peran guru d madrasah dengan di dalam masyarakat menyangkut tiga kategori. Pertama, guru bahasa Arab pribumi memiliki kesempatan berkiprah lebih luas dan lebih mudah mengakses kedudukan-kedudukan di tengah masyarakat. Sedangkan guru bahasa Arab pendatang cenderung pasif, juga tidak mempunyai banyak akses untuk menukangi kedudukan dan peran strategis dalam masyarakat. Kedua, guru bahasa Arab yang merupakan lulusan dari pendidikan bahasa Arab, terlihat lebih eksklusif dan introver ketika terjun dalam masyarakat, kurang berani dan mau mengampu tanggung jawab sosial yang di luar bidang keilmuannya. Sebaliknya, guru bahasa Arab yang lulusan dari pendidikan agama Islam, cenderung mudah menyesuaikan diri dengan status dan peran sosial yang diembankan masyarakat di sekelilingnya. Ketiga, guru bahasa Arab senior menyandang status dan peran sosial yang lebih banyak dan strategis serta dengan tingkat resiko lebih tinggi. Berbanding terbalik dengan guru bahasa Arab yunior yang menyandang status dan viii peran yang sedikit walaupun juga cukup beresiko; 3) Ada dua pendapat menyangkut status dan peran sosial guru bahasa Arab dalam masyarakat yang berasal dari empat kategori masyarakat (pranata masyarakat, tokoh agama, pihak madrasah, dan masyarakat biasa) Yang pertama guru bahasa Arab tidak identik dengan guru agama. Kedua, guru bahasa Arab identik dengan guru agama.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munif, M.Ag, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Status dan Peran Sosial, Guru bahasa Arab, Masyarakat.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Oct 2015 09:45
Last Modified: 05 Oct 2015 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17545

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum