PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII DI MTSN YOGYAKARTA 1 DAN MTS AL-KHOIRIYAH

ASLA MARIA SPDI, NIM. 1320411180 (2015) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII DI MTSN YOGYAKARTA 1 DAN MTS AL-KHOIRIYAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII DI MTSN YOGYAKARTA 1 DAN MTS AL-KHOIRIYAH)
1320411180_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII DI MTSN YOGYAKARTA 1 DAN MTS AL-KHOIRIYAH)
1320411180_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab pada mulanya berpusat pada guru (teacher centered learning), sifat pembelajaran yang berorientasi pada buku teks, buku teks hanya memuat materi bahasan pola pembelajaran pasif. Serta adanya beberapa faktor kesenjangan. Pertama: tantangan masa depan seperti globalisasi, masalah lingkungan hidup, kemajuan teknologi informasi. Kedua: fenomena negatif yang mengemuka, seperti perkelahian pelajar, narkoba, korupsi, plagiarism. Ketiga: kompetensi masa depan yakni kemampuan berkomunikasi, kemampuan berfikir jernih, kemampuan mempertimbangkan segi moral suatu permasalahan, kemampuan menjadi warga negara yang efektif. Keempat: persepsi masyarakat yang menganggap bahwa pendidikan yang ada terlalu menitik beratkan pada aspek kognitif, beban siswa terlalu berat dan kurang bermuatan karakter. Kelima: belum adanya evaluasi dari pemerintah terhadap penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Arab terutama dikedua sekolah tersebut. Kemudian pemerintah menetapkan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 sebagai upaya untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan zaman. MTsN Yogyakarta1dan MTs Al-Khoiriyah merupakan sekolah dibawah naungan Kementrian Agama yang menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Arab. Dalam penelitian ini mengambil subjek penelitian berupa MTsN dan MTs dengan tujuan untuk mengetahui apakah pada tataran praktek terdapat perbedaan dalam menerapkan pendekatan saintifik antara sekolah negeri dan swasta. Sehingga dapat diteliti dengan rumusan masalah: (1) Bagaimanakah penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII di MTsN Yogyakarta 1 dan MTs Al-Khoiriyah? (2) Apakah terdapat perbedaan dalam penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII di MTsN Yogyakarta 1 dan MTs Al-Khoiriyah? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan fokus kajian pada pembelajaran bahasa Arab kelas VII di MTsN Yogyakarta 1 dan MTs Al-Khoiriyah. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) MTsN Yogyakarta 1, Tahap perencanaan silabus sesuai dengan Permenag no 165 tahun 2014. Perencanaan RPP tidak sesuai. Tahap pelaksanaan sesuai. Tahap evaluasi tidak sesuai. MTs Al- Khoiriyah, tahap perencanaan silabus sesuai dengan Permenag no 165 tahun 2014. Perencanaan RPP tidak sesuai. Tahap Pelaksanaan sesuai. Tahap evaluasi tidak sesuai. (2) Terdapat perbedaan berupa penggunaan media dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.H.Sukamta, M.A.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Oct 2015 09:48
Last Modified: 05 Oct 2015 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17547

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum