MULTIKULTURALISME DALAM PENDIDIKAN DASAR ISLAM (Studi Terhadap Pembelajaran PAI di MI Sultan Agung Yogyakarta)

MUHAMMAD ZULKARNAEN, S.PD.I, 13204210009 (2015) MULTIKULTURALISME DALAM PENDIDIKAN DASAR ISLAM (Studi Terhadap Pembelajaran PAI di MI Sultan Agung Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MULTIKULTURALISME DALAM PENDIDIKAN DASAR ISLAM (Studi Terhadap Pembelajaran PAI di MI Sultan Agung Yogyakarta))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MULTIKULTURALISME DALAM PENDIDIKAN DASAR ISLAM (Studi Terhadap Pembelajaran PAI di MI Sultan Agung Yogyakarta))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana pembelajaran PAI multikulural di MI Sultan Agung Yogyakarta terlaksana, yang memiliki siswa yang berbeda-beda baik dari suku, adat istiadat, bahasa, budaya dan lain sebagainya. Ini terbukti dengan keragaman siswa yang ada di MI Sultan Agung seperti suku dan budaya asal, meskipun mereka semuanya beragama Islam tapi kemajemukan ini terlihat dari dari berbagai macam latar belakang keluarga mereka dan ini dapat diambil sebagi role model bagi sekolah madrasah lainnya di Indonesia. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendiskripsikan bagaimana pembelajaran PAI Multikultural di MI Sultan Agung Yogyakarta, dan untuk mendiskripsikan aktualisasi pembelajaran PAI multikultural di MI Sultan Agung Yogyakarta. Adapun Jenis penelitian ini adalah menggunakan prosedur penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Sifat penelitian ini adalah deskriptif analitik, penelitian ini dimaksudkan untuk menyimpulkan informasi mengenai status suatu variabel atau tema, gejala atau keadaan yang ada pada saat penelitian dilakukan, dengan metode ini memungkinkan untuk memecahkan masalah aktual dengan cara mengumpulkan data, menyusun atau mengklasifikasikannya, menganalisis dan menginterpretasiknnya. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi belajar, pendekatan ini melihat prilaku belajar peserta didik sebagai unsur terpenting dari penelitian ini. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Multikulturalisme dalam Pendidikan Dasar Islam Studi Terhadap Pembelajaran PAI MI di MI Sultan Agung Yogyakarta menunjukkan proses pembelajaran PAI Multikultural dengan baik: Mulai dari pemahaman konsep multikultural di MI Sultan Agung, proses pembelajaran PAI Multikultural yang meliputi komponen; guru, murid, metode, materi, media, organisasi kelas, buku/gambar dan ilustrasi dalam penyampaiannya telah berjalan dengan cukup baik, meskipun sebagian dari guru belum secara utuh memahami konsep PAI Multikultural ini. Adapun aktualisasi pembelajaran PAI multikultural di MI Sultan Agung Yogyakarta termuat dalam proses pembelajaran PAI seperti mata pelajaran akidak akhlak, al-quran hadits, fiqih, dan SKI dilaksanakan dan diajarkan baik secara langsung ada dalam materi pembelajaran maupun secara tidak langsung yang tertuang dalam nili-nilai multikultural seperti demokrasi, toleransi, HAM, keadilan dan kesetaraan gender. Kata kunci: multikulturalisme dan pembelajaran PAI MI multikultural

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: multikulturalisme dan pembelajaran PAI MI multikultural
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Oct 2015 07:37
Last Modified: 13 Oct 2015 07:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17560

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum