NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BAHAN AJAR AKIDAH AKHLAK MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Komparatif Terbitan Insan Madani Dan Terbitan Kemenag)

AHMAD SAHNAN, NIM: 1320421031 (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BAHAN AJAR AKIDAH AKHLAK MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Komparatif Terbitan Insan Madani Dan Terbitan Kemenag). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BAHAN AJAR AKIDAH AKHLAK MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Komparatif Terbitan Insan Madani Dan Terbitan Kemenag))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BAHAN AJAR AKIDAH AKHLAK MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Komparatif Terbitan Insan Madani Dan Terbitan Kemenag))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Bahan Ajar Akidah Akhlak memiliki kontribusi dalam mempengaruhi pemahaman pola pikir dan tingkah laku peserta didik. Karena bahan ajar Akidah Akhlak menyangkut kehidupan individu, sosial, budaya, dan masyarakat. Materinya memfokuskan pada prilaku baik-buruk terhadap, Allah, Rasul, sesama manusia, diri sendiri, serta lingkungan hidup. Senada dengan bahan ajar Akidah Akhlak visi kurikulum Indonesia menjunjung tinggi nilai demokrasi, toleransi, keadilan, kesetaraan dan kebersamaan dalam membangun Indonesia. Namun sayang, jika bahan ajar belum memuat nilai-nilai pendidikan multikultural. Maka dari itu penulis ingin meneliti lebih dalam apakah bahan ajar Akidah Akhlak MI sudah memuat nilai-nilai pendidikan multikultural atau malah sebaliknya?. Penelitian ini bertujuan menggali nilai-nilai pendidikan multikultural apa saja yang termuat dalam bahan ajar Akidah Akhlak MI kelas IV terbitan Insan Madani dan Kemenag dalam uraian materi, fitur, dan rubrikasi. Penelitian ini masuk penelitian pustaka (library research) yang bersipat deskriptif kualitatif dan disajikan berbentuk tabel dan diagram prosentase terhadap uraian materi, fitur, dan rubrikasi dengan menggunakan teori pendidikan multikultural kemudian dilanjutkan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kedua bahan ajar sudah memuat nilai-nilai pendidikan multikultural baik dari uraian materi, fitur, dan rubrik. Hanya saja dalam uraian materi dan rubrikasi masih ada nilai yang belum tersentuh. Insan Madani, materi dari keseluruhan bab sudah memuat nilai pendidikan multikultural sedangkan Kemenag belum menyentuh nilai demokrasi. Rubrik Insan Madani belum menyentuh keadilan dan rubrik Kemenag belum menyentuh nilai gender. Kemudian dari segi materi, dan rubrikasi nilai gender masih minim. Jika dibandingkan kedua bahan ajar secara keseluruhan, terbitan Insan madani lebih mendominasi ketimbang Kemenag. Implikasi bahan ajar sangat berdampak terhadap pemahaman peserta didik. Maka dari itu perlu kiranya menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam bahan ajar. Guna membangun pemahaman yang multikultural, menjunjung tinggi nilai demokrasi, menyemarakkan semangat toleransi, mempunyai visi keadilan, menerapkan hukum yang berkeadilan, semangat kebersamaan dalam membangun Indonesia yang tercinta. Key words: Pendidikan, Multikultural, dan Bahan Ajar Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Multikultural, dan Bahan Ajar Akidah Akhlak.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Oct 2015 07:38
Last Modified: 13 Oct 2015 07:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17567

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum