PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL ANAK USIA DINI DI RA DWP UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

ASNAH, S.PD., NIM: 1320431015 (2015) PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL ANAK USIA DINI DI RA DWP UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL ANAK USIA DINI DI RA DWP UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL ANAK USIA DINI DI RA DWP UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci : Nilai-nilai moral, anak usia dini Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai moral apa saja yang ditanamkan pada anak usia dini di RA DWP UIN Sunan Kalijaga, mengetahui bagaimana metode penanaman nilai-nilai moral anak usia dini di RA DWP UIN Sunan Kalijaga, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai moral anak usia dini di RA DWP UIN Sunan Kalijaga. Metode ini menggunakan metodelogi penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitis, dengan mengambil latar di RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (a) nilai moral yang ditanamkan di RA DWP UIN Sunan Kalijaga yaitu nilai moral rasa hormat, nilai moral tanggung jawab, nilai moral sopan santun, nilai kejujuran, nilai moral toleransi, nilai moral tolong menolong, nilai moral kedisiplinan, dan nilai moral kerja keras. (b) metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai moral di RA DWP UIN Sunan Kalijaga adalah: Nilai moral rasa hormat dengan metode keteladanan, metode bercerita, metode pembiasaan, metode bercakap-cakap, metode penugasan, metode tanya jawab, metode demonstrasi. Nilai moral tanggung jawab dengan metode bermain, metode penugasan, metode demonstrasi, metode pembiasaan. Nilai moral kesopanan dengan metode bercerita, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode penugasan, metode bernyanyi. Nilai moral kejujuran denga metode cerita, metode pembiasaan, metode tanya jawab, metode bercakap-cakap, metode bermain. Nilai moral toleransi dengan metode cerita, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode bercakap-cakap, metode demonstrasi. Nilai moral tolong menolong dengan metode cerita, metode tanya jawab, metode demonstrasi. Nilai moral kedisiplinan dengan metode cerita, metode bercakap-cakap, metode tanya jawab, metode keteladanan, metode penugasan metode pembiasaan. Nilai moral kerja keras dengan metode cerita, metode penugasan. (c) faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai moral anak diantaranya: faktor pendukung terdiri dari lingkungan sekolah, buku-buku cerita, guru, dan temanteman. Faktor penghambat terdiri dari tidak ada kerja sama antara orang tua dengan guru dan lingkungan sekitar, lingkungan masyarakat, lingkungan keluarga media sosial dan kecanggihan teknologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Rajasa Mu’tasim, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai moral, anak usia dini
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2015 08:14
Last Modified: 21 Oct 2015 08:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17578

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum