PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI MAIN PERAN (ROLE PLAYING) DI TK MASJID SYUHADA YOGYAKARTA

MUHSINATUN, S.PD.I, 1320431017 (2015) PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI MAIN PERAN (ROLE PLAYING) DI TK MASJID SYUHADA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI MAIN PERAN (ROLE PLAYING) DI TK MASJID SYUHADA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI MAIN PERAN (ROLE PLAYING) DI TK MASJID SYUHADA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui hasil pelaksanaan pendidikan karakter anak usia dini melalui main peran(rool playing). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi positif bagi pengembangan penelitian pendidikan terutama dalam penanaman karakter anak usia dini, sekaligus sebagai bahan pertimbangan untuk TK Masjid Syuhada, kota baru Yogyakarta . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan penedekatan psikologis dan sosiologis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data didapatkan, selanjutnya dianalisis data dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan, dan verifikasi data. Metode main peran (rool playing) dirancang untuk mengaktifkan anak dalam pengembangan karakter sesuai dengan perkembangannya. Kegiatan yang beragam dilakukan anak demi pengembangan sikap, kebiasaan, dan pemahaman. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, Pendidikan karakter adalah upaya yang sungguh-sungguh untuk membantu seseorang memahami, peduli, dan bertindak dengan landasan inti nilai-nilai etis dan upaya yang dirancang secara sengaja untuk memperbaiki karakter para siswa. Model pendidikan karakter yang diterapkan di TK Masjid Syuhada tidak terlepas dari visi dan misi TK tersebut dan tidak lepas pula dari mekanisme pembelajaran yang diatur dalam program tahunan, program semester, RKM, RKH, dan penilaian. Kedua, Sentra main peran di TK Masjid Syuhada’ adalah sentra yang memfasilitasi peserta didik untuk dapat mengembangkan kemampuan bahasa, kognitif, sosial, dan emosi anak, dengan memberikan banyak kesempatan untuk memainkan peran yang mempunyai relevansi terhadap pendidikan karakter anak. Ketiga, melalui sensorimotor anak yaitu melihat, mendengar, merasa, mencium, dan meraba memungkinkan anak terlibat langsung dalam menemukan informasi. Informasi yang mereka dapatkan sendiri akan lebih bermakna bagi anak dengan didukung pemberian pijakan-pijakan baik sebelum main, selama main dan setelah main, menjadikan belajar anak lebih terarah sehingga potensi anak akan tumbuh secara optimal. Dalam bermain peran usaha untuk menerapkan karakter anak sangatlah mudah. Secara tidak langsung anak-anak sudah menerapkan karakter, tanpa dijelaskanpun mereka sudah melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan moral dan karakter. Kata kunci : Pendidikan karakter, anak usia dini, main peran (rool playing)

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Rajasa Mu’tasim, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, anak usia dini, main peran (rool playing).
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2015 08:14
Last Modified: 21 Oct 2015 08:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17579

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum