PENGGUNAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN UNTUK PENGOBATAN PENYAKIT JIWA ( Studi Living Qur’an di Desa Kalisabuk Kesugihan Cilacap Jawa Tengah )

BAYTUL MUKTADIN, LC., NIM: 1220511049 (2015) PENGGUNAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN UNTUK PENGOBATAN PENYAKIT JIWA ( Studi Living Qur’an di Desa Kalisabuk Kesugihan Cilacap Jawa Tengah ). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN UNTUK PENGOBATAN PENYAKIT JIWA ( Studi Living Qur’an di Desa Kalisabuk Kesugihan Cilacap Jawa Tengah ))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN UNTUK PENGOBATAN PENYAKIT JIWA ( Studi Living Qur’an di Desa Kalisabuk Kesugihan Cilacap Jawa Tengah ))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tesis ini adalah membahaas tentang bagaimana ayat-ayat al- Qur’an digunakan untuk mengobati sebuah penyakit. Dalam hal ini khususnya tentang penyakit jiwa. Pengobatan dengan menggunakan ayat-ayat al-Qur’an tersebut dilakukan oleh K.H Himamuddin di Desa Kalisabuk Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Seluruh pasien yang melakukan pengobatan di tempat tersebut diobati menggunakan ayat-ayat al-Qur’an oleh K.H Himamuddin. Diantara ayat-ayat al-Qur’an yang digunakan untuk mengobati pasien yang terkena penyakit jiwa ini adalah surat al-Fatihah, surat Yasin, Ayat Kursi, surat al-Kahfi, surat Al-Baqoroh Fokus pembahasan dari penelitian tesis ini adalah terkait dengan bagaimana prakik penggunaan ayat-ayat al-Qur’an untuk pengobatan penyakit jiwa di Desa Kalisabuk Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap dan apa makna praktik penggunaan ayat-ayat al-Qur’an untuk pengobaan penyakit jiwa tersebut bagi pelaku pengobatan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dan ethnometodologi. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui observasi partisipan dan non-partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Mengenai analisis data yang digunakan dalam tesis ini, penulis memilih analisis deskripsieksplanasi, karena selain untuk memudahkan dalam memaparkan isi pembahasan, juga agar dapat mengetahui alasan dari praktik penggunaan ayat-ayat al-Qur’an untuk pengobatan penyakit jiwa, sehingga latar belakang maupun harapan dan tujuan dari praktik penggunaan ayat-ayat al-Qur’an untuk pengobatan penyakit jiwa tersebut terungkap. Hasil penelitian dalam tulisan ini yaitu menunjukkan bahwa praktik pengobatan menggunakan ayat-ayat al-Qur’an melewati beberapa tahap. Tahap pra pengobatan dengan mendiagnosis penyakit yang diderita pasien. Tahap pengobatan pertama, pelaku pengobatan melakukan dzikir; kedua, pelaku pengobatan melakukan pemijitan meridian akupuntur terhadap pasien; ketiga, melakukan pemukulan ringan terhadap pasien dengan menggunakan alat pemukul khusus. Adapun fungsi dari penggunaan ayat-ayat al-Qur’an untuk pengobatan penyakit jiwa di Desa Kalisabuk Kecamatan Kesugihan Kabupaen Cilacap Jawa Tengah ini jika merujuk pada teori fungsionalisme sosial Durkheim maka menunjukkan pada makna solidaritas sosial, baik solidaritas sosial organik maupun solidaritas sosial mekanik. Sedangkan makna yang berdasarkan pada teori sosiologi pengetahuannya Karl Mannheim, maka ada tiga kaegori makna yang diperoleh, yaitu makna obyektif sebagai bentuk kepedulian dan antusiasme masyarakat, makna ekspresive yang terbentuk karena kecintaan pada al-Qur’an, fadilah dan keutamaan, serta makna dokumenter sebagai suatu kebudayaan yang menyeluruh.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Syaifan Nur, M.A,
Uncontrolled Keywords: PENGGUNAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN UNTUK PENGOBATAN
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2015 08:15
Last Modified: 21 Oct 2015 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17593

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum