ACTIVE NON-VIOLENCE MOVEMENT (Studi Gerakan Wacana Peace Generation Yogyakarta terhadap Kekerasan di Indonesia)

HENDRA LESMANA, S.TH.I, NIM: 1320511071 (2015) ACTIVE NON-VIOLENCE MOVEMENT (Studi Gerakan Wacana Peace Generation Yogyakarta terhadap Kekerasan di Indonesia). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ACTIVE NON-VIOLENCE MOVEMENT (Studi Gerakan Wacana Peace Generation Yogyakarta terhadap Kekerasan di Indonesia))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (ACTIVE NON-VIOLENCE MOVEMENT (Studi Gerakan Wacana Peace Generation Yogyakarta terhadap Kekerasan di Indonesia))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tindak kekerasan dan beragam konflik terus terjadi hingga saat ini, baik berupa kekerasan sipil antar warga desa, antar kelompok, tawuran pelajar, maupun anarkisme mahasiswa. Ironisnya, banyak pemuda yang terlibat sebagai pelaku kekerasan. Dalam kondisi tersebut dibutuhkan suatu komunitas yang bergerak dalam bidang perdamaian khususnya dikalangan pemuda dan masyarakat pada umumnya. Peace Generation Yogyakarta merupakan salah satu komunitas pemuda yang concern terhadap nir-kekerasan. Komunitas ini memiliki peran yang signifikan dalam hal penanaman nilai-nilai perdamaian bagi pemuda di Yogyakarta dan sekitarnya. Sebagai organisme sosial, Peace Generation Yogyakarta memfokuskan diri untuk selalu mempromosikan bina-damai dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam masyarakat, komunitas ini berkontribusi dalam menghasilkan generasi damai. Selain itu, berkaitan dengan kajian resolusi konflik komunitas ini berkontribusi dalam penyebaran bina-damai yang memerlukan kerja intelektual untuk selalu berpartisipasi aktif dalam mempromosikan bina-damai. Gerakan ini mampu memberikan harapan untuk menciptakan kehidupan sosial damai. Hal yang membuat penulis tertarik terhadap komunitas ini adalah bahwa komunitas ini mempunyai sebuah gerakan wacana untuk mempromosikan bina-damai dalam kehidupan masyarakat. Metode yang diterapkan komunitas ini dalam dalam menyelesaikan konflik adalah active non-violence (ANV), yakni sebuah metode yang mengedepankan tindakan tanpa kekerasan dalam menyelesaikan konflik. Penelitian ini akan menggunakan teori intelektual organik dalam perspektif Antonio Gramsci. Konsep intelektual organik dalam perspektif Gramsci terejawantahkan dalam gerakan wacana Peace Generation Yogyakarta dalam hal kedudukan seorang intelektual yang dimanfaatkan atau difungsikan untuk menghegemoni masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Kritik Wacana (Critical Discourse Analysis). Pendekatan ini merupakan pendekatan interdisipliner terhadap teks, yang memandang “teks sebagai bentuk dari gejala sosial”. Setelah melakukan penelitian, penulis menemukan beberapa hal yang menjadi inti dalam tesis ini. Peace Generation Yogyakarta mampu memberikan ruang optimistik bagi terbentuknya nilai-nilai bina-damai di kalangan para pemuda dan masyarakat. Selanjutnya, dengan menggunakan prespektifnya Gramsci dapat diketahui bahwa peran intelektual dalam kehidupan sosial adalah sebagai energi perubahan, yang mengubah tata sikap dan tata pengetahuan masyarakat untuk menciptakan perilaku sosial yang tertata yang akhirnya akan menciptakan budaya bina-damai di kalangan masyarakat. selain itu, dalam melakukan gerakannya, komunitas ini bersifat otonom sehingga tidak bisa serempak untuk mempromosikan bina-damai, gerakannya hanya bersifat parsial. Kata Kunci: Kekerasan, Konflik, Peace Generation, Peacebuilding, Active nonviolence, Critical Discourse Analysis, Youth (Pemuda).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Munawar Ahmad, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kekerasan, Konflik, Peace Generation, Peacebuilding, Active nonviolence, Critical Discourse Analysis, Youth (Pemuda).
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Oct 2015 14:25
Last Modified: 09 Oct 2015 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17609

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum