KOMPONEN PERCAKAPAN (SPEECH COMPONENTS) DAN PRINSIP PERCAKAPAN (CONVERSATIONAL PRINCIPLES) PADA KISAH YUSUF DALAN AL-QUR'AN (STUDI ANALISIS PRAGMATIK)

NURUL HIDAYAH,S.HUM, NIM: 1320511100 (2015) KOMPONEN PERCAKAPAN (SPEECH COMPONENTS) DAN PRINSIP PERCAKAPAN (CONVERSATIONAL PRINCIPLES) PADA KISAH YUSUF DALAN AL-QUR'AN (STUDI ANALISIS PRAGMATIK). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPONEN PERCAKAPAN (SPEECH COMPONENTS) DAN PRINSIP PERCAKAPAN (CONVERSATIONAL PRINCIPLES) PADA KISAH YUSUF DALAN AL-QUR'AN (STUDI ANALISIS PRAGMATIK))
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KOMPONEN PERCAKAPAN (SPEECH COMPONENTS) DAN PRINSIP PERCAKAPAN (CONVERSATIONAL PRINCIPLES) PADA KISAH YUSUF DALAN AL-QUR'AN (STUDI ANALISIS PRAGMATIK))
BAB II, III, IV, V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kisah Yusuf merupakan salah satu kisah di dalam al-Qur’an yang sering kali dijadikan sebagai pelajaran di masa sekarang. Namun, kisah tersebut merupakan satu-satunya kisah yang terbaik dibandingkan dengan kisah-kisah yang lain. Keistimewaan yang menonjol pada kisah tersebut terletak pada kandungan kisahnya yang menceritakan kehidupan seorang nabi sejak ia masih kecil hingga tumbuh dewasa dan menjadi Nabi. Hal lain yang menarik yaitu kisahnya diceritakan dalam satu surat secara utuh, tidak terpotong-potong dalam surat lain. Pada penelitian ini, penulis memfokuskan kajian analisis pada percakapan di dalam kisah Yusuf. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini terdapat tiga pokok pembahasan, pertama, mengungkap bentuk komponen percakapan kisah Yusuf di dalam al-Qur’an. Kedua, menjelaskan bentuk kerja sama pada percakapan kisah Yusuf di dalam al-Qur’an. Ketiga, menjelaskan bentuk prinsip kesantunan pada percakapan dalam kisah Yusuf di dalam al-Qur’an. Sekaligus memberikan sumbangan keilmuan dalam bidang linguistik, khususnya di konsentrasi Ilmu Bahasa Arab. Mengingat kajian mengenai Pragmatik masih jarang ditemui. Adapun metodologi penelitian yang digunakan peneliti yaitu jenis penelitian library research atau penelitian kepustakaan dengan sifat deskriptif-analitik. Langkah kerja dalam analisis yang bersifat deskriptif-analitik yaitu dengan cara mendeskripsikan percakapan pada kisah Yusuf kemudian dianalisis pada unsurunsur yang melingkupi percakapan tersebut dan cara penyampaiannya dengan menggunakan teori komponen percakapan, prinsip kerja sama, dan kesantunan. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti dalam penelitian ini yaitu: pada komponen percakapan terdapat delapan komponen percakapan yang terdapat pada percakapan kisah Yusuf. Komponen tersebut terdiri dari setting dan scene, partisipan, tujuan, pokok tuturan, nada tutur, sarana tutur, norma tutur, dan jenis tuturan. Adapun prinsip percakapan terdiri dari pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama, dan pematuhan dan pelanggaran prinsip percakapan. Maksim yang paling banyak dipatuhi dalam prinsip kerja sama oleh para partisipan pada percakapan kisah Yusuf yaitu maksim kualitas. Sementara pelanggaran yang paling banyak dilanggar dalam prinsip kerja sama pada percakapan kisah Yusuf yaitu maksim relevan. Bentuk pelanggaran tersebut bukan merupakan pelanggaran makna dan kandungan tuturan, melainkan pelanggaran secara teks tuturan. Pada prinsip kesantunan, maksim yang paling banyak dipatuhi yaitu maksim kedermawanan dan maksim yang paling sering dilanggar oleh para partisipan pada percakapan kisah Yusuf yaitu maksim kerendahan hati. Kata kunci: Komponen Percakapan, Prinsip Percakapan, Kisah Yusuf.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Mardjoko Idris, M.A.,
Uncontrolled Keywords: Komponen Percakapan, Prinsip Percakapan, Kisah Yusuf.
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Oct 2015 14:25
Last Modified: 09 Oct 2015 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17612

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum