MUNASABAH SURAT-SURAT JUZ' AMMA (Kajian Terhadap Pemikiran Burhan al-Din al-Biqa'i Dalam Kitab Nazm al-Durar fi Tanasub al-Ayat wa al-Suwar)

SAID ALI SETIYAWAN,S. TH. I., NIM : 1320512069 (2015) MUNASABAH SURAT-SURAT JUZ' AMMA (Kajian Terhadap Pemikiran Burhan al-Din al-Biqa'i Dalam Kitab Nazm al-Durar fi Tanasub al-Ayat wa al-Suwar). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MUNASABAH SURAT-SURAT JUZ' AMMA (Kajian Terhadap Pemikiran Burhan al-Din al-Biqa'i Dalam Kitab Nazm al-Durar fi Tanasub al-Ayat wa al-Suwar))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MUNASABAH SURAT-SURAT JUZ' AMMA (Kajian Terhadap Pemikiran Burhan al-Din al-Biqa'i Dalam Kitab Nazm al-Durar fi Tanasub al-Ayat wa al-Suwar))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Alasan penulis memilih Juz ‘Amma yaitu: komposisi surat-surat Juz ‘Amma yang sebagian besar diturunkan secara berurutan di Makkah (makiyyah) namun dalam penyusunannya disusun berdasarkan tartib mushafi. Juz ini banyak dihafal umat muslim karena karakter suratnya pendek-pendek. Asumsi penulis banyak bentuk-bentuk munasabah di dalamnya karena bentuk suratnya yang pendek-pendek. Adapun alasan penulis mengkaji tokoh Burhan al-Din al-Biqa‘i dengan kitab tafsirnya karena al-Biqa‘i memiliki perhatian lebih besar pada kajian munasabah al-Qur’an dibanding dengan tokoh yang lain, yang menjadikan munasabah al-Qur’an sebagai landasan utama dalam penafsirannya. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research). Metode yang digunakan adalah deskriptif-analitis. Kitab Nazm al-Durar fi Tanasub al-Ayat wa al-Suwar khususnya bagian Juz ‘Amma dijadikan sumber utama dalam penelitian ini. Kerangka teori yang digunakan adalah teori munasabah al-Qur’an yang telah disistematisasi oleh ulama ahli ilmu-ilmu al-Qur’an sebagai pemetaan terhadap munasabah surat-surat Juz ‘Amma. Setelah melakukan kajian yang cukup mendalam tentang munasabah surat-surat Juz ‘Amma dapat disimpulkan beberapa hasil dari penelitian ini. Pertama, dalam Juz ‘Amma terdapat sepuluh bentuk munasabah al-Qur’an: munasabah antar kata-kata atau kalimat dalam satu ayat, munasabah antar ayat dalam satu surat, munasabah antara muqaddimah dengan penutupnya, munasabah antar surat dalam Juz ‘Amma, munasabah antara surat-surat terakhir Juz 'Amma dengan surat-surat pertama al-Qur'an, munasabah antara nama surat dengan maksud suratnya, munasabah basmalah dengan maksud surat, munasabah maksud surat dengan awal surat, munasabah kelompok ayat dengan kelompok ayat yang lain dalam satu surat, dan terakhir munasabah surat al-ikhlas dengan maksud utama al-qur’an dan surat al-mu’awwizatain. Kedua, ada tiga cara yang digunakan al- Biqa‘i dalam mengungkapkan munasabah surat-surat Juz ‘Amm: munasabah dengan cara berpijak pada bagian-bagian tertentu dari surat dan ayat al-Qur’an, munasabah dengan cara berpijak pada bagian dari ayat atau surat secara menyeluruh dan munasabah dengan cara berpijak pada bagian tertentu dari ayat atau surat dengan bagian ayat atau surat yang lainnya secara menyeluruh. Ketiga, kajian munasabah al-Biqa‘i memiliki kedudukan yang signifikan dalam memahami surat-surat Juz ‘Amma dan penafsiran al-Qur’an, karena kajian munasabah al-Biqa‘i mampu menjelaskan kandungan ayat dan surat Juz ‘Amma secara holistik dan sistematis serta mampu mengungkap rahasia di balik penempatan surat dan ayat al-Qur’an. Dengan kaidah-kaidah dasar dan cara-cara yang digunakan al-Biqa‘i dalam mengungkap dan merangkai munasabah al-Qur’an, kandungan dan rahasia di balik sistematika urutan al-Qur’an dapat dipahami dengan baik. Kata kunci: sistematika al-Qur'an, munasabah al-Qur'an, Juz 'Amma dan al-Biqa‘i.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr.H. Muhammad Chirzin, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: sistematika al-Qur'an, munasabah al-Qur'an, Juz 'Amma dan al-Biqa‘i.
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2015 08:24
Last Modified: 21 Oct 2015 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17614

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum