STRATEGI PENDIDIKAN ISLAM KAFFAH DALAM KEGIATAN KEROHANIAN ISLAM DAN HALAQAH TARBAWIYAH SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP KEBERAGAMAAN SISWA DI SMA ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA

MUSLIH HIDAYAT, NIM: 1320410088 (2015) STRATEGI PENDIDIKAN ISLAM KAFFAH DALAM KEGIATAN KEROHANIAN ISLAM DAN HALAQAH TARBAWIYAH SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP KEBERAGAMAAN SISWA DI SMA ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENDIDIKAN ISLAM KAFFAH DALAM KEGIATAN KEROHANIAN ISLAM DAN HALAQAH TARBAWIYAH SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP KEBERAGAMAAN SISWA DI SMA ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENDIDIKAN ISLAM KAFFAH DALAM KEGIATAN KEROHANIAN ISLAM DAN HALAQAH TARBAWIYAH SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP KEBERAGAMAAN SISWA DI SMA ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang bahwa pada faktanya Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas tidak selalu berhasil dalam melaksanakan peran pendidikan agamanya dalam membentuk sikap keberagamaan siswa. Oleh karena itu kegiatan-kegiatan keagamaan di luar mata pelajaran formal/kurikuler di sekolah perlu mendapatkan perhatian dalam rangka turut serta membentuk peserta didik yang taat akan nilai-nilai agama serta memiliki sikap keberagamaan yang benar. Di antara kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang ada di sekolah adalah kegiatan Rohis dan kegiatan lain sebagai ciri khas suatu lembaga pendidikan/sekolah yang dalam penelitian ini adalah Halaqah Tarbawiyah. Penelitian ini bertujuan menawarkan analisis yang empiris dan teoretis mengenai bagaimana strategi pendidikan Islam dalam kegiatan Rohis dan Halaqah Tarbawiyah serta implikasinya terhadap sikap keberagamaan siswa di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan penelitian lapangan (field research), dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teori yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi pendidikan dan teori sikap keberagamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pendidikan Islam kaffah dalam dua kegiatan ini tergambar dalam beberapa kegiatan yang ada yakni kegiatan kajian al-Qur’an, nasyid, murattal, shalat jama’ah, we care we share, MABIT, Muqayyam, ODOJ, penyambutan siswa baru. Sedangkan integrasi kegiatan Halaqah Tarbawiyah berupa mentoring, MABIT (kelompok maupun gabungan), muqayyam kepramukaan, muqayyam jasadi, muqayyam Qur’an.. Implikasi penerapan strategi pendidikan Islam kaffah dalam dua kegiatan tersebut terlihat pada keterlibatan keberagamaan siswa di sekolah seperti keterlibatan ritual, ideologis, intelektual, pengalaman, dan konsekuensi yang tercermin di dalam setidaknya tercermin dalam tiga ranah yakni keyakinan/aqidah, praktik ibadah/syariat, dan akhlak siswa di sekolah. Sebagai sebuah upaya, penerapan strategi pendidikan Islam di dalam dua kegiatan ini tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya, baik yang bersifat mendukung maupun yang menghambat pelaksanaan kegiatan. Namun semua faktor tersebut, khusunya penghambat tidak serta merta menjadi halangan untuk tetap melaksanakan kegiatan-kegiatan yang ada. Berbagai upaya dapat dan telah dilakukan sebagai usaha optimalisasi pelaksanaan strattegi pendidikan Islam dalam kegiatan Rohis dan Halaqah Tarbawiyah. Kata kunci: Strategi Pendidikan Islam, Rohis, Halaqah Tarbawiyah, dan Sikap Keberagamaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Hamdan Daulay, M.Si., M.A,
Uncontrolled Keywords: Strategi Pendidikan Islam, Rohis, Halaqah Tarbawiyah, dan Sikap Keberagamaan.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2015 07:45
Last Modified: 23 Oct 2015 07:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17622

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum