STAMMA AMIN, NIM: 1320410106 (2015) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM BERWAWASAN GLOBAL PADA PROGRAM KHUSUS KELAS INTERNASIONAL (KKI) STAIN SALATIGA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM BERWAWASAN GLOBAL PADA PROGRAM KHUSUS KELAS INTERNASIONAL (KKI) STAIN SALATIGA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM BERWAWASAN GLOBAL PADA PROGRAM KHUSUS KELAS INTERNASIONAL (KKI) STAIN SALATIGA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang manajemen pengembangan kurikulum berwawasan global pada Program Khusus Kelas Internasional STAIN Salatiga serta dalam rangka menjawab permasalahan mengenai model pengembangan kurikulum yang diterapkan pada kurikulum berwawasan global Program Khusus Kelas Internasional STAIN Salatiga; pola manajemen yang diterapkan pada kurikulum berwawasan global Program Khusus Kelas Internasional serta kelebihan dan kekurangan dari pengembangan kurikulum tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan objek penelitian Program Khusus Kelas Internasional (PKKI) STAIN Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Data berupa uraian mengenai kegiatan atau perilaku subyek dan dokumendokumen lain yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah yang digunakan dalam pengembangan kurikulum berwawasan global STAIN Salatiga adalah: 1) diagnosis of needs; 2) situational analysis; 3) menentukan pengalaman belajar; 4) menetapkan topik bahasan pembelajaran dan alokasi waktu dan 5) pemberian nama dan pengorganisasian mata kuliah serta penetapan bobot SKS. Pendekatan yang digunakan dalam pengembangan kurikulum adalah perpaduan antara pendekatan top-down dan competency approach. Adapun untuk model yang digunakan dalam pengembangan kurikulum berwawasan global adalah perpaduan antara model administrative (line staff) dan model demonstration. Pengorganisasian kurikulum PKKI mengelompokkan mata kuliah menjadi rumpun-rumpun MKP, MKK dan MKB serta MBB. Untuk menunjang penggunaan bahasa asing, dilakukan konversi terhadap mata kuliah. Adapun untuk implementasi kurikulum, metode yang dipakai adalah exposition learning, group learning, project-based learning dan integrated learning. Evaluasi pembelajaran yang dipakai yaitu sistem PAP dan PAN serta sistem portofolio. Adapun untuk evaluasi kurikulum digunakan pendekatan CIPP. Kekurangan yang ditemukan dalam pengembangan kurikulum ini antara lain ditemukan ketidakseimbangan mata kuliah core competency dengan jumlah beban SKS yang diterima. Kekurangan lain yaitu kurangnya referensi untuk mata kuliah pengayaan. Adapun kelebihan dari pengembangan kurikulum ini adalah pelaksanaan PPL ke luar negeri dan pelaksanaan hidden curiculum. Kata kunci: manajemen penge
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | manajemen pengembangan kurikulum, berwawasan global, kelas khusus internasional |
Subjects: | Pendidikan Islam (Pesantren) |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 11:13 |
Last Modified: | 22 Oct 2015 11:13 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17630 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |