INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMP NEGERI 1 KALASAN

FIBRIYAN IRODATI, S.PD.I, NIM: 1320410108 (2015) INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMP NEGERI 1 KALASAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMP NEGERI 1 KALASAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMP NEGERI 1 KALASAN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari realita pembelajaran di SMP Negeri 1 Kalasan sebagai lembaga pendidikan formal yang mengalami perkembangan yang signifikan, terlihat dari penanaman nilai religius dalam pembelajaran yang efektif dengan menyentuh dampak pembelajaran (instructional effect) tanpa meninggalkan dampak pengiringnya (nurturant effect). Hal ini diintegrasikan dengan senantiasa meningkatkan peran pendidikan agama dalam upaya menumbuhkan karakter religius peserta didiknya. Kebutuhan rohani setiap peserta didik juga diakomodasi dengan baik oleh sekolah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis internalisasi nilai-nilai religius pada pembelajaran PAI dan PAKR di SMP Negeri 1 Kalasan serta capaian dari internalisasi nilai-nilai religius pada pembelajaran tersebut di sana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 1 Kalasan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif, adapun pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Internalisasi nilai-nilai religius baik pada pembelajaran PAI maupun PAKR di SMP Negeri 1 Kalasan menggunakan pendekatan penalaran moral, yakni pembelajaran yang ditempuh dengan pengetahuan moral, perasaan moral dan tindakan moral melalui proses internalisasi dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran di kelas dan dalam program pengembangan diri dan budaya di sekolah. Baik proses internalisasi nilai religius dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran PAI maupun PAKR di kelas dilakukan dengan prosedur pada setiap unsur kegiatan pembelajaran. Proses internalisasi nilai religius dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran PAI di kelas menggunakan model pembelajaran bermain peran, sedangkan dalam mata pelajaran PAKR menggunakan model pembelajaran CTL. Adapun proses internalisasi nilai religius dalam program pengembangan diri dan budaya di sekolah baik pada peserta didik Muslim maupun Kristiani dilakukan melalui kegiatan rutin, spontan dan pengkondisian menggunakan strategi pembiasaan melalui tahapan berpikir, perekaman, pengulangan, penyimpanan, pengulangan serta kebiasaan menjadi karakter. 2) Capaian dari internalisasi nilai religius baik dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran PAI maupun PAKR terhadap peserta didik di kelas adalah peserta didik memiliki pengetahuan, perasaan dan berperilaku religius sesuai muatan materi di SKKD. Adapun capaian dari internalisasi nilai religius dalam program pengembangan diri dan budaya pada peserta didik di sekolah baik pada peserta didik Muslim maupun Kristiani melalui kegiatan rutin, spontan dan pengkondisian adalah peserta didik melaksanakan perilaku religius sesuai perilaku religius yang ditanamkan kepada mereka, yang semua bermuara pada akhlak mulia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam, M.A
Uncontrolled Keywords: INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS,PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Oct 2015 11:13
Last Modified: 22 Oct 2015 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17631

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum