PERAN KEPEMIMPINAN DEKAN DALAM PENINGKATAN KINERJA DOSEN DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN IAIN SULTAN AMAI GORONTALO

SITI RABIAH S. RAUF, NIM: 1320410109 (2015) PERAN KEPEMIMPINAN DEKAN DALAM PENINGKATAN KINERJA DOSEN DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN IAIN SULTAN AMAI GORONTALO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPEMIMPINAN DEKAN DALAM PENINGKATAN KINERJA DOSEN DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN IAIN SULTAN AMAI GORONTALO)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (50MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPEMIMPINAN DEKAN DALAM PENINGKATAN KINERJA DOSEN DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN IAIN SULTAN AMAI GORONTALO)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui peran kepemimpinan dekan terhadap kinerja dosen di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan lAIN Sultan Amai Gorontalo, kedua, untuk mengetahui hasil kinerja dosen dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi di Fakultas llmu Tarbiyah dan Keguruan lAIN Sultan Amai Gorontalo, dan ketiga untuk mengetahui faktor pendukung dang penghambat kepemimpinan dekan dalam meningkatkan kinerja dosen di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan lAIN Sultan Amai Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif di lAIN Sultan Amai Gorontalo. Penentuan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Adapun uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Hasil yang penulis peroleh dari penelitian ini adalah pertama, peran kepemimpinan dekan dalam peningkatan kinerja dosen pada Tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) di Fakultas llmu Tarbiyah dan Keguruan sangat penting dan hal ini ditunjukkan dengan bagaimana dekan menjadi konseptor, motivator, pembuat keputusan, dinamisator dan katalisator, supervisor. Kedua, hasil kinerja dosen di Fakultas llmu Tarbiyah dan Keguruan lAIN Sultan Amai Gorontalo terdiri atas dua konteks, yaitu kinerja sebagai perilaku kerja dan kinerja sebagai hasil kerja; kinerja dosen sebagai perilaku kerja terdiri atas 3 indikator: timelines (ketepatan waktu), kreativitas dan kerjasama, need for supervision (kebutuhan untuk diawasi); kinerja dosen sebagai hasil kerja dosen terdiri atas 3 indikator: kualitas (quality), kuantitas (quantity), dan efektivitas biaya. Ketiga, Faktor pendukung kepemimpinan dekan dalam meningkatkan kinerja dosen di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan lAIN Sultan Amai Gorontalo yaitu: adanya tunjangan sertiflkasi dosen, komitmen dosen dalam melaksanakan Tridharma perguruan tinggi, budaya kerjasama dosen, dukungan pemerintah pusat/Kemenag dan Kemendikbud, dukungan pemerintah propinsi/daerah, pembinaan dan evaluasi internal oleh LPM, tersedianya perpustakaan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Faktor penghambat dalam meningkatkan kinerja dosen: kurangnya kedisiplinan dosen dalam kehadiran mengajar di kelas, kurangnya motivasi dosen dalarn menulis karya · · ilmiahlkarya tulis dan melakukan penelitian, bel urn terpenuhinya sarana dan prasarana pendidikan, kurangnya supervisi dan monitoring dalam proses pembelajaran di kelas, beban mengajar dosen melebihi SKS yang menjadi kewajibannya dan kurangnya honor insentif mengajar .

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, M.A.
Uncontrolled Keywords: PERAN KEPEMIMPINAN DEKAN
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Oct 2015 11:13
Last Modified: 22 Oct 2015 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17632

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum