ARFIE BAYU SANTOSO, NIM. 1320411018 (2015) PENDIDIKAN BERBASIS SKS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS SCI (SISWA CERDAS ISTIMEWA) (STUDI KASUS DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENDIDIKAN BERBASIS SKS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS SCI (SISWA CERDAS ISTIMEWA) (STUDI KASUS DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16MB) | Preview |
|
Text (PENDIDIKAN BERBASIS SKS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS SCI (SISWA CERDAS ISTIMEWA) (STUDI KASUS DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO))
BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ARFIE BAYU SANTOSO. Pendidikan Berbasis SKS (Sistem Kredit Semester) Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa Kelas SCI (Studi Kasus di SMA Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo). Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam, Konsentrasi Pendidikan Agama Islam. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah peningkatan kualitas pendidikan melalui inovasi yang dilakukan dengan program Sistem Kredit Semester (SKS) pada jenjang Sekolah Menengah Atas. Program SKS di jenjang skeolah menunjuk pada pemberian fasilitas kepada siswa yang memiliki bakat dan kecerdasan di atas rata-rata agar mampu menguasai banyak isi pelajaran dalam rentang waktu yang relatif lebih singkat. Pelaksanaan program SKS bagi kelas SCI (Siswa Cerdas Istimewa) di SMA Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo memiliki tujuan untuk mengoptimalkan pengembangan potensi siswa dan mampu meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di sekolah ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMA Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, kemudian dari makna data tersebut penulis menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi SKS yang diterapkan di SMA Takhassus Al-Qur’an tampak pada beberapa kegiatan berikut ini: persyaratan penyelenggaraan pada kategori sekolah mandiri, penyelenggaraan pembelajaran on/off, beban belajar yang harus ditempuh peserta didik yaitu minimal 114 SKS dan maksimal 126 SKS, mekanisme penjurusan yang didasarkan pada panduan penyusunan laporan hasil belajar dari Dit. penilaian yang menyertakan indeks prestasi (IP), penentuan indeks prestasi yang didasarkan kemampuan siswa dalam menempuh semua mata pelajaran pada satu semester, penentuan kelulusan yang didasarkan pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan seluruh program pembelajaran dengan beban belajar 126 SKS, dan siswa cerdas istimewa yang diakomodasi dengan pembelajaran khusus oleh sekolah. (2) Hasil pencapaian dari penyelenggaraan pendidikan berbasis SKS dalam meningkatkan prestasi akademik siswa kelas SCI di SMA Takhassus Al- Qur’an, tercermin dari indikator prestasi belajar. Indikator prestasi belajar meliputi; aspek koqnitif, afektif, dan psikomotorik. (3) Faktor pendukung penyelenggaraan sistem kredit semester dalam meningkatkan prestasi akademik siswa kelas SCI di SMA Takhassus Al-Qur’an meliputi; kepemimpinan yang berwibawa, iklim pembelajaran yang kondusif, performance/kinerja Guru, dorongan belajar tuntas peserta didik, dukungan dari Stakeholders, orang tua dan Masyarakat. Selanjutnya; Faktor penghambat penyelenggaraan sistem kredit semester dalam meningkatkan prestasi akademik siswa kelas SCI (siswa cerdas istimewa) di SMA Takhassus Al-Qur’an, meliputi; kerepotan Guru, kesulitan peserta didik dalam pindah sekolah, kurang disiplinnya peserta didik, kesulitan pendanaan, kelengkapan sarana prasarana, dan beban belajar di pondok pesantren.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Sangkot Sirait, M.Ag |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 07 Oct 2015 15:09 |
Last Modified: | 07 Oct 2015 15:09 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17643 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |