INTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP DHARMA LESTARI SALATIGA

SAMSUL MA’ARIF, 13200411053 (2015) INTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP DHARMA LESTARI SALATIGA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP DHARMA LESTARI SALATIGA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP DHARMA LESTARI SALATIGA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Samsul Ma’arif, 1320411053. INTEGRASI NLAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP DHARMA LESTARI SALATIGA. Fenomena kemajemukan di Indonesia bagaikan pisau bermata dua, satu sisi memberi dampak positif, yaitu kita memiliki kekayaan khasanah budaya yang beragam, akan tetapi sisi lain juga dapat menimbulkan dampak negatif, karena terkadang justru keragaman ini dapat memicu konflik antar kelompok masyarakat. Sekolah memegang peranan penting dalam menanamkan nilai multikultural pada siswa. Bila mereka memiliki nilai-nilai kebersamaan, toleran, cinta damai, dan menghargai perbedaan, maka nilai-nilai tersebut akan tercermin pada tingkah laku mereka sehari-hari karena terbentuk pada kepribadiannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan antropologi. Subyek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, guru dan siswa. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, triangulasi dan penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui integrasi nilainilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan untuk mengetahui faktor apa saja yang penghambat dan pendukung pelaksanaan integrasi nilai-nilai multukultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Dharma Lestari Salatiga. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Dharma Lestari dapat dilihat dari rumusan visi, misi, tujuan sekolah, dan model kurikulum dimana kurikulum yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum PAI yang berwawasan multikultural. Pelaksanaan integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Dharma Lestari dilakukan dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan tindak lanjutnya. Integrasi nilai-nilai multikultural dalam perencanaan pembelajaran dilakukan dengan mencantumkan nilai-nilai multikultural dalam silabus dan RPP. Pelaksanaan pembelajaran dapat dilihat dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup yang sesuai dengan pembelajaran PAI yang berwawasan multikultural. Evaluasi pembelajaran dilakukan dalam penilaian kognitif melalui tes tertulis dan lisan, penilaian sikap melalui etika pergaulan, sopan santun, dan penilaian psikomotorik melalui unjuk kerja. Tindak lanjut pembelajaran dapat dilihat dari proses pengintegrasian nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI yang meliputi tujuan, materi, metode,dan model evaluasi. Kata Kunci : Integrasi, Nilai-nilai Multikultural, dan Pendidikan Agama

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Maragustam Siregar MA
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Nilai-nilai Multikultural, dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Oct 2015 08:15
Last Modified: 15 Oct 2015 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17662

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum