PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA OLEH GURU MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di SMP N 1 Borobudur Kabupaten Magelang)

Farida Rifqi Amalia, NIM: 1320411085 (2015) PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA OLEH GURU MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di SMP N 1 Borobudur Kabupaten Magelang). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA OLEH GURU MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di SMP N 1 Borobudur Kabupaten Magelang))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA OLEH GURU MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di SMP N 1 Borobudur Kabupaten Magelang))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

FARIDA RIFQI AMALIA. Pengembangan Multiple Intelligences Siswa Oleh Guru Melalui Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMP N 1 Borobudur Kabupaten Magelang). Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam, Konsentrasi Pendidikan Agama Islam. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah pengembangan multiple intelligences siswa yang perlu diterapkan dan ditingkatkan di sekolah. Masing-masing siswa memiliki gaya belajar, kecenderungan, serta jenis kecerdasan yang berbeda. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa harus bermakna, kondusif, menyenangkan, serta tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan ini adalah pembelajaran dengan berbasis pengembangan multiple intelligences. Pengembangan multiple intelligences di SMP N 1 Borobudur memiliki tujuan untuk menemukan potensi yang dimiliki siswa. Untuk mengembangkan multiple intelligences siswa diperlukan peran besar dari guru untuk mengelola pembelajaran dengan maksimal, baik itu materi yang akan disampaikan sesuai dengan kemampuan siswa, maupun teknik penyampaian pembelajaran yang dapat merangsang kreatifitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMP N 1 Borobudur Kabupaten Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, kemudian dari makna data tersebut penulis menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengembangan multiple intelligences siswa oleh guru melalui kegiatan Pembelajaran PAI dilakukan dengan kegiatan intrakurikuler yang berlangsung di sekolah selama jam pelajaran sekolah berlangsung, kegiatan kokurikuler yang mendukung kegiatan intrakurikuler akan tetapi dilakukan di luar jam pelajaran, serta kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan di luar jam pelajaran. (2) Faktor pendukung pengembangan multiple intelligences dari pihak sekolah adalah memfasilitasi siswa dengan beragam jenis kegiatan, sarana dan prasarana, akses informasi, dan mengakomodasi siswa berprestasi. Pihak guru adalah mampu menghadirkan suasana pembelajaran yang kondusif. Pihak siswa adalah masing-masing siswa sudah memiliki potensi kecerdasan yang beragam. Sedangkan faktor penghambat dari pihak sekolah adalah belum diterapkannya MIR secara menyeluruh. Pihak guru adalah kurangnya intensitas pelatihan dan peningkatan kualitas guru, beragamnya jenis peserta didik yang dihadapkan guru, dan belum adanya persepsi yang sama antar guru. Pihak siswa adalah kebiasaan siswa yang mengganggu kegiatan belajar, dan kurangnya motivasi. (3) Solusi mengatasi hambatan pengembangan multiple intelligences siswa SMP N 1 Borobudur adalah melakukan pendekatan personal untuk melihat potensi kecerdasan siswa, mengikutsertakan guru dalam kegiatan MGMP, diklat, workshop. Mengikuti briefing setiap hari sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung, serta kerja sama dengan pihak keluarga untuk memberikan motivasi bagi siswa. (4) Hasil penerapan pengembangan multiple intelligences siswa SMP N 1 Borobudur memperlihatkan hasil yang positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.karwadi,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Solusi mengatasi hambatan pengembangan multiple intelligences siswa SMP N 1 Borobudur adalah melakukan pendekatan personal untuk melihat potensi kecerdasan siswa, mengikutsertakan guru dalam kegiatan MGMP, diklat, workshop. Mengikuti briefing setiap hari sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung, serta kerja sama dengan pihak keluarga untuk memberikan motivasi bagi siswa.Hasil penerapan pengembangan multiple intelligences siswa SMP N 1 Borobudur memperlihatkan hasil yang positif
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Oct 2015 08:15
Last Modified: 15 Oct 2015 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17669

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum