PEMBAHARUAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MEMBANGUN SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKUALITAS PADA SANTRI MAHASISWA PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA

Sahidin, NIM: 1320411091 (2015) PEMBAHARUAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MEMBANGUN SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKUALITAS PADA SANTRI MAHASISWA PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBAHARUAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MEMBANGUN SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKUALITAS PADA SANTRI MAHASISWA PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMBAHARUAN PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MEMBANGUN SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKUALITAS PADA SANTRI MAHASISWA PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (647kB)

Abstract

Pondok Pesantren Wahid Hasyim merupakan pondok pesantren yang berusaha memberikan pendidikan yang sesuai dengan kemajuan zaman, baik dibidang pendidikan keagamaan maupun dibidang kemasyarakatan. Melalui pendekatan fenomenologi-pedagogis, penelitian ini berusaha mengungkap konsep, implementasi dan kontribusi pembaharuan pendidikan pesantren dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas pada santri mahasiswa pondok pesantren wahid hasyim yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi data, serta triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua jenis konsep pembaharuan pendidikan di pondok pesantren wahid hasyim yakni: pembaharuan pendidikan intelektual, dan pembaharuan pendidikan sosio-kemasyarakatan. Implementasi pembaharuan pendidikan intelektual: (Madin) dengan model pembelajaran berupa sorogan, bandongan, bahsul masail, diskusi, Tanya jawab, muhadhoroh, ceramah, menghafal, tugas, merangkum dan seminar ushul fiqh. (Ma’had Aly) dengan metode pembelajaran kerja kelompok, fathul kutub, muqoronah, diskusi, pelatihan arah kiblat, pelatihan menentukan tanggal 1 Ramadhan, pelatihan penelitian, tugas, dan diskusi panel. Implementasi pendidikan sosio-kemasyarakatan: melalui lembaga OSWAH (membangun santri menjadi warga yang baik melalui peraturan dan seminar), lembaga LSP (membangun santri untuk menggunakan sarana prasarana sesuai melalui peraturan dan pelatihan), lembaga LBWH (membangun santri dalam berbagi nikmat yang diperoleh melalui infak dan sodakoh), lembaga LPM (membangun santri dalam berbagi pengetahuan melalui mengajar TPA dan pelatihan), lembaga PIA (membangun santri dalam berkomunikasi dengan alumni melalui internet dan temu alumni), lembaga MHT (mengembangkan santri dalam memahami Al- Qur’an melalui belajar tajwid dan tafsir), lembaga PSPB (membangun santri dalam berbahasa asing melalui kegiatan whes club dan kursus), dan lembaga LPKK (membangun santri dibidang kewirausahaan melalui pelatihan). Kontribusi pendidikan intelektual yaitu: memahami ilmu alat dan baca kitab kuning, mengajarkan santri untuk meneliti permasalahan yang ada dan memberikan solusi dari kitab yang sesuai. Kontribusi pendidikan sosiokemasyarakatan mengajarkan santri menjadi warga Negara yang baik, peka terhadap masalah yang ada, memberikan fasilitas pendidikan keagamaan, membantu orang yang kekurang, mengabdikan diri untuk masyarakat, menjalin silaturohmi antar santri dan pondok, menghafal dan menghayati Al-Qur’an, berdakwah melalui seni islami, berbahasa asing (Arab dan Inggris) dan memberikan pengetahuan, wawasan tentang berwirausaha.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Karwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kontribusi pendidikan intelektual yaitu: memahami ilmu alat dan baca kitab kuning, mengajarkan santri untuk meneliti permasalahan yang ada dan memberikan solusi dari kitab yang sesuai. Kontribusi pendidikan sosiokemasyarakatan mengajarkan santri menjadi warga Negara yang baik, peka terhadap masalah yang ada, memberikan fasilitas pendidikan keagamaan, membantu orang yang kekurang, mengabdikan diri untuk masyarakat, menjalin silaturohmi antar santri dan pondok, menghafal dan menghayati Al-Qur’an, berdakwah melalui seni islami, berbahasa asing (Arab dan Inggris) dan memberikan pengetahuan, wawasan tentang berwirausaha
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Oct 2015 08:16
Last Modified: 15 Oct 2015 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17670

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum