EKSISTENSI MAPK DAN PENGELOLAANNYA DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Kasus di MAN 1 Surakarta)

Nurul Aini, NIM: 1320411107 (2015) EKSISTENSI MAPK DAN PENGELOLAANNYA DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Kasus di MAN 1 Surakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSISTENSI MAPK DAN PENGELOLAANNYA DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Kasus di MAN 1 Surakarta))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (EKSISTENSI MAPK DAN PENGELOLAANNYA DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Kasus di MAN 1 Surakarta))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan 1) alasan tetap dipertahankan MAPK di MAN 1 Surakarta, 2) proses kegiatan pengelolaan MAPK dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran bahasa Arab, 3) faktor pendukung dan penghambat pengelolaan MAPK dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Work Research), dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) alasan tetap dipertahankannya MAPK di MAN 1 Surakarta yaitu karena melihat output yang telah dihasilkan banyak menorehkan prestasi, kurikulum yang digunakan dinilai berhasil mencetak lulusan yang berprestasi, tujuan yang ingin dicapai merupakan wujud dari kebutuhan masyarakat akan pengetahuan ilmu agama, semangat dari para asatiẑ dan asatiẑah, keberadaan pembina asrama, kekuatan jaringan alumni MAPK, semangat dari para peserta didik untuk meraih sukses. (2) Pengelolaan MAPK MAN 1 Surakarta dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran bahasa Arab dimulai dengan perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian. Perencanaan diawali dengan penetapan tujuan pendidikan yang akan dicapai, mendesain kegiatan yang akan dijalankan yang tertera dalam desain struktur kurikulum yang digunakan, perencanaan terhadap input guru, siswa, sarana prasarana serta proses pembelajaran. Pengorganisasian dilakukan dengan pembagian kegiatan belajar mengajar di MAPK menjadi tiga yaitu kegiatan pembelajaran pagi, tutorial sore dan asrama serta kegiatan penunjang akademik dan pendampingan belajar guna mengefektifkan pencapaian tujuan. Kepemimpinan di MAPK secara umum dipegang oleh kepala sekolah. Namun pada pelaksanaannya sudah didelegasikan kepada wakil kepala bidang masingmasing. Sedangkan kepemimpinan di dalam proses pembelajaran dipegang oleh guru. Pengendalian di MAPK dilakukan dengan mengadakan evaluasi hasil proses pembelajaran. Evaluasi secara kelembagaan di MAPK jarang dilakukan. (3) Faktor pendukung dalam pengelolaan MAPK MAN 1 Surakarta adalah kurikulum yang digunakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, semangat dari para pengelola yaitu asatiẑ dan asatiẑah, jaringan alumni yang kuat, tenaga pendidik atau guru yang mayoritas tamatan luar negeri (Timur Tengah), serta semangat atau motivasi tinggi yang dimiliki siswa yang belajar di MAPK untuk meraih sukses. Adapun yang menjadi faktor penghambat dalam pengelolaan MAPK MAN 1 Surakarta yaitu sarana prasarana yang kurang mendukung, kurangnya pelatihan untuk guru-guru MAPK, mutu input siswa yang kurang, kurang fokusnya kepala sekolah untuk pengelolaan Program Keagamaan (program khusus).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Muhammad Amin, Lc.,M.A
Uncontrolled Keywords: MAPK, Pengelolaan, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2015 07:50
Last Modified: 23 Oct 2015 07:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17673

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum