EMOTIONAL-SPIRITUAL QUOTIENT DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN SISWA SMP 2 PLAYEN

Ana Dwi Wahyuni, S.Pd.I, NIM : 1320411111 (2015) EMOTIONAL-SPIRITUAL QUOTIENT DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN SISWA SMP 2 PLAYEN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EMOTIONAL-SPIRITUAL QUOTIENT DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN SISWA SMP 2 PLAYEN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EMOTIONAL-SPIRITUAL QUOTIENT DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN SISWA SMP 2 PLAYEN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ESQ sangat penting untuk membentuk siswa berintelektual tinggi, jiwa yang bermental sehat, berakhlak mulia serta bertakwa kepada Allah SWT, sehingga ESQ selaras dengan Pendidikan Agama Islam. Idealnya PAI harus mampu menanamkan nilai-nilai keagamaan yang dapat diterapkan dalam kehidupan secara integratif, namun kenyataannya masih ditemukan siswa berperilaku negatif baik di sekolah maupun di masyarakat. Dengan demikian, desain pengembangan ESQ dalam pembelajaran PAI dirasa perlu untuk memperbaiki akhlak remaja. Usia remaja ada pada masa perkembangan kepribadian yang disebut identity (jati diri) sehingga mudah terpengaruh dengan hal-hal baru, terutama di era global ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pengembangan ESQ dalam pembelajaran PAI serta mengetahui seberapa besar pengaruh ESQ terhadap perilaku sosial keagamaan siswa SMP 2 Playen. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods model eksploratoris sekuensial (sequential mixed method), dengan menggunakan simple random sampling sejumlah 181 remaja. Data dikumpulkan dengan angket quesioner model skala Likert, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dan regresi linier sederhana. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk analisis pengembangan ESQ dalam pembelajaran PAI, analisis deskripsi kuantitatif untuk perhitungan prosentase, dan analisis data inferensial kuantitatif untuk mengetahui pengaruh ESQ terhadap perilaku sosial keagamaan dengan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: pertama. pengembangan ESQ dalam pembelajaran PAI kegiatan yang dilakukan berfungsi untuk penjernihan emosi, pembangunan emosi, ketangguhan pribadi, dan ketangguhan social. Kedua, ESQ siswa rata-rata cenderung berada dalam kategori baik dan perilaku sosial keagamaan rata-rata baik. Hasil uji hipotesis menunjukkan: ada pengaruh yang signifikan ESQ terhadap perilaku sosial keagamaan. ESQ dapat mempengaruhi perilaku sosial keagamaan sebesar 63.5%. Sedangkan 36.5% dijelaskan oleh variasi faktor lain yaitu berasal dari lingkungan sekolah, lingkungan pergaulan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.Hj.Siti Fathonah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: ESQ, Perilaku Sosial Keagamaan.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Oct 2015 09:07
Last Modified: 16 Oct 2015 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17674

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum