PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN “ULUL ALBAB” DI MA’HAD SUNAN AMPEL AL-‘ALY UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, S.Pd.I, NIM: 1320411137 (2015) PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN “ULUL ALBAB” DI MA’HAD SUNAN AMPEL AL-‘ALY UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN “ULUL ALBAB” DI MA’HAD SUNAN AMPEL AL-‘ALY UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN “ULUL ALBAB” DI MA’HAD SUNAN AMPEL AL-‘ALY UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya realitas mulai banyaknya pondok pesantren yang didirikan oleh universitas (ma’had al-ja>mi’ah) yang dimaksudkan untuk mendukung pendidikan universitas dalam melahirkan generasi muslim yang memiliki kepribadian utuh (integrated personality). Akan tetapi maksud dan tujuan tersebut belum sepenuhnya bisa tercapai secara maksimal, karena ada beberapa masalah yang melatarbelakanginya. Salah satu di antaranya adalah masih belum optimalnya pengelolaan ma’had universitas, termasuk di dalamnya adalah dalam hal pengembangan kurikulum yang merupakan prasyarat yang sangat penting dalam suatu proses pendidikan. Hal ini penting untuk dikaji sebagai bahan evaluasi dan masukan agar ma’had universitas yang ada betulbetul mampu memberikan kontribusi dalam menopang pendidikan universitas demi tercapainya visi, misi, dan tujuan bersama. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian studi kasus (case study) dengan pendekatan kualitatif. Untuk menentukan informan penelitian atau sumber data penelitian, penulis menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Sedangankan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi partisipan moderat (moderate participation), teknik wawancara mendalam (in-depth interview), dan teknik dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data penelitian ini, penulis menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun untuk teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman, yang mencakup empat langkah kerja, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Adapun hasil temuan dari penelitian ini adalah: 1) pengembangan kurikulum pendidikan Islam di MSAA telah dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip pengembangan kurikulum, yaitu prinsip berorientasi pada tujuan (pembentukan pribadi ulul albab), prinsip kontinuitas, prinsip efektivitas, prinsip relevansi, prinsip efektivitas, dan prinsip sinkronisasi. Berangkat dari tujuan yang hendak dicapai, kemudian diejawantahkan ke dalam beberapa program dan upaya ma’had yang dalam hal ini dapat dipetakan menjadi empat kluster, yaitu program kurikuler atau intrakurikuler, program kokurikuler, program ekstrakurikuler, dan kurikulum tersembunyi (hidden curriculum). 2) Keberhasilan pembentukan kepribadian ulul albab melalui pengembangan kurikulum pendidikan Islam dalam pembentukan kepribadian ulul albab di MSAA ini bisa dilihat dari ketercapaian semua indikator dari empat pilar ulul albab melalui program-program yang dikembangkan di ma’had tersebut. 3) beberapa faktor pendukung dalam pengembangan kurikulum ini meliputi: adanya sistem intregasi antara ma’had dan universitas, ketersediaan para pendidik yang qualified, komitmen dan kerjasama seluruh pihak, dan adanya mahasiswa luar negeri yang tinggal di ma’had, ketersediaan sarana dan prasarana, serta iklim dan lingkungan yang agamis, religius, dan kondusif. Sedangkan untuk faktor penghambatnya meliputi: terlalu padatnya aktifitas, adanya beberapa mu’allim atau mu’allimah yang datang terlambat atau tidak masuk untuk mengajar, dan ketiadaan dana untuk kegiatan non akademik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof.Dr.H.Abdur Rachman Assegaf, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam, Kepribadian Ulul Albab
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Oct 2015 14:21
Last Modified: 15 Oct 2015 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17678

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum