Yuniar Isnaini, S.Pd.I, NIM. 1320411146 (2015) MANAJEMEN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (12MB) | Preview |
|
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari adanya globalisasi yang menuntut manusia untuk berkompetisi dan banyaknya pelajar yang tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi karena keterbatasan ekonomi sehingga menimbulkan banyak pengangguran. Oleh karena itu perlunya setiap pelajar dibekali dengan pendidikan kecakapan hidup (life skill) sebagai senjata menghadapi kehidupan mendatang. Sebagaimana SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang mengembangkan pendidikan kecakapan hidup (life skill) dalam proses pendidikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan; (1) manajemen pendidikan kecakapan hidup (life skill), (2) strategi pengembangan pendidikan kecakapan hidup (life skill), dan (3) keberhasilan pengembangan pendidikan kecakapan hidup (life skill) di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini didesain dengan penelitian kualitatif yang mengambil lokasi di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman, yaitu analisis interaktif dengan langkah-langkah pengumpulan data, data reduction, data display, dan data verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengembangan pendidikan kecakapan hidup (life skill) di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta lebih ditekankan pada kecakapan vokasional dengan menerapkan fungsi manajemen yaitu (1) perencanaan lebih ditekankan pada proses pembelajarannya yang dilakukan setiap ajaran baru. Adapun mekanisme perencanaan yaitu: Ketua Jurusan memilih, menentukan dan mengajukan program kegiatan kompetensi keahlian kepada Kepala Sekolah saat rapat sekolah, ketua dan sekretaris jurusan menyusun program kegiatan jurusan, kemudian mensosialisasikan kepada guru produktif saat rapat jurusan, guru produktif menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), guru mengajukan alat dan bahan untuk praktek kompetensi keahlian kepada koordinator bengkel, (2) pengorganisasian diwujudkan dengan pembagian tugas yang tersusun dalam struktur organisasi di setiap kompetensi keahlian. (3) penggerakan pendidikan kecakapan hidup (life skill) meliputi: Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Pemesinan, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Gambar Bangunan, Teknik Audio Video, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, (4) pengawasannya dilakukan dengan pengamatan pada praktik dan evaluasi tiap kompetensi keahlian. Strategi pengembangan pendidikan kecakapan hidup (life skill) dilakukan dengan: orientasi, pemetaan materi keahlian dari dasar ke tingkat komplek, strategi penyampaian materi mengacu pada learning to know dan learning to do melalui ceramah dan diskusi, serta praktik industri. Sedangkan keberhasilan pengembangan pendidikan kecakapan hidup (life skill) dapat dilihat dari indikator pencapaiannya yaitu terwujudnya peserta didik yang kompeten sesuai dengan kompetensi keahlian, mampu lulus 100% dalam Ujian Nasional dan berprestasi pada tingkat provinsi atau Nasional serta banyak alumni yang melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (kuliah) dan bekerja sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Prof.Dr.H, Maragustam, M.A |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) |
Subjects: | Pendidikan Islam (Pesantren) |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 28 Oct 2015 14:32 |
Last Modified: | 28 Oct 2015 14:32 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17682 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |