PELAKSANAAN EVALUASI PENGUASAAN BAHASA ARAB DENGAN TEKNIK SOROGAN DI ASRAMA SAKAN TULLAB PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

Arifudin, S.Pd., NIM: 1320411172 (2015) PELAKSANAAN EVALUASI PENGUASAAN BAHASA ARAB DENGAN TEKNIK SOROGAN DI ASRAMA SAKAN TULLAB PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN EVALUASI PENGUASAAN BAHASA ARAB DENGAN TEKNIK SOROGAN DI ASRAMA SAKAN TULLAB PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN EVALUASI PENGUASAAN BAHASA ARAB DENGAN TEKNIK SOROGAN DI ASRAMA SAKAN TULLAB PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ada beberapa tujuan dalam penelitian ini yaitu yang pertama, untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip objektifitas dalam penilaian penguasaan bahasa Arab dengan teknik sorogan di asrama Sakan Tullab. Kedua, Untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan dan tindak lanjut dari evaluasi penguasaan bahasa Arab dengan teknik sorogan di asrama Sakan Tullab. Ketiga, Untuk mengetahui bagaimana persepsi santri terhadap pelaksanaan proses penguasaan bahasa Arab dengan teknik sorogan di asrama Sakan Tullab. Penelitian ini adalap penelitian kualitatif, yang berlokasi di asrama Sakan Tullab Pondok Pesantern Ali Maksum Krapyak Bantul. Adapun metode pengumpulan datanya adalah dengan observasi, wawanara, dan dokumentasi. Prinsip-prinsip evaluasi yang diterapkan dalam penilaian penguasaan bahasa Arab dengan teknik sorogan di asrama Sakan Tullab antara lain meliputi prinsip keseluruhan, prinsip kesinambungan, dan prinsip objektivitas. Dalam pelaksanaanya, evaluasi dilakukan dengan prosedur yang sangat sederhana sehingga kurang menyeluruh dan kurang optimal. Adapun prinsip kesinambungan dapat terpenuhi sebab evaluasi selalu dilakukan setiap tiga bulan sekali yang artinya ada kontinuitas dalam penilaian di sana. Sedangkan prinsip objektivitas juga belum optimal terpenuhi, sebab masih banyak prosedur penilaian yang objektif yang belum dipenuhi. Pelaksanaan evaluasi penilaian penguasaan bahasa Arab dengan teknik sorogan di asrama Sakan Tullab meliputi langkah-langkah menentukan tujuan, objek dan subjek penilaian, serta pelaksaan evaluasi yang meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan hasil evaluasi. Sedangkan tindak lanjut dari hasil evaluasi adalah untuk menentukan kapan santri berhak naik ke materi kitab selanjutnya yang lebih tinggi, untuk menentukan kelulusan ketika ia sudah kelas XII, terutama pada program dīniyah, menentukan apakah santri tersebut pantas untuk menjadi pembimbing adik-adik kelasnya ketika ia sudah lulus, serta sebagai bahan laporan perkembangan santri kepada orang tua. Secara umum santri Asrama Sakan Thullab memiliki persepsi yang baik terhadap pelaksanaan sorogan di asrama tersebut. Mereka sepakat jika sorogan merupakan sarana untuk meningkatkan penguasaan atau pemerolehan bahasa Arab. Santri juga merasa bahwa manfaat sorogan sangat mereka rasakan ketika telah berada di luar pondok, terutama ketika harus bersentuhan dengan bahasa Arab lagi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Bahasa Arab,Teknik Sorogan.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Oct 2015 14:21
Last Modified: 15 Oct 2015 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17685

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum