MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBERDAYAAN KOMPETENSI GURU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI LOLAK SULAWESI UTARA

Mayanti Datunsolang, Nim: 1320411174 (2015) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBERDAYAAN KOMPETENSI GURU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI LOLAK SULAWESI UTARA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBERDAYAAN KOMPETENSI GURU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI LOLAK SULAWESI UTARA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBERDAYAAN KOMPETENSI GURU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI LOLAK SULAWESI UTARA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Guru sebagai salah satu komponen dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), memiliki posisi yang sangat menentukan keberhasilan pembelajaran. Oleh karena itu Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan. Upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah perlu didukung kemampuan manajerial kepala sekolah. Kepala sekolah hendaknya berupaya untuk mendayagunakan sumber-sumber, baik personal maupun material secara efektif dan efisien guna menunjang tercapainya tujuan pendidikan di sekolah secara optimal. Berdasarkan kajiannya, penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan snowboll sampling. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik penganalisisan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif-kualitatif dengan pendekatan induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, manajemen kepela sekolah dalam pemberdayaan kompetensi guru di MTs N Lolak, meliputi, a) manajer, b) Kepala sekolah sebagai leader, c) Kepala sekolah sebagai educator, d). Kepala sekolah sebagai administrator, e) Kepala sekolah sebagai motivator, f) Kepala sekolah sebagai supervisor, g) Kepala sekolah sebagai inovator. Kedua: manajemen Kepala sekolah dalam memberdayakan kompetensi guru meliputi: a) planing, b) organizing, c) actuating, d) controlilng yang berdampak pada hasil belajar siswa yang berupa: a) faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, bentuk dan tipe hasil belajar, evaluasi hasil belajar dan penilaian hasil belajar. Ketiga: faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung manajemen kepala sekolah yaitu kepercayaan oleh pemerintah untuk memberikan kebebasan kepada pihak sekolah untuk mengembangkannya. Faktor pendukung kompetensi guru internal meliputi: a) keinginan untuk memiliki kompetensi yang baik, b) harap untuk diangkat menjadi pengawai negeri sipil, c) semangat pengabdian untuk mendapat berkah. Exsternal meliputi: a) aturan tentang persyaratan, sertifikasi dan tunjangan profesi guru, b) dorongan keluarga dan teman sejawat. Faktor penghambat manajemen kepala sekolah internal meliputi: a) keadaan siswa, b) sistem. External meliputi: a) hubungan dangan masyarakat, b) hubungan dengan pemerintah. Faktor penghambat kompetensi guru internal meliputi: a) honor yang kecil, b) kurang berani melakukan inovasi, c) takut berbeda dengan sekolah lain. External meliputi: a) minimnya pelatihan dan jabatan bagi guru madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam MA,
Uncontrolled Keywords: Mananajemen Kepala Sekolah, Kompetensi Guru, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Oct 2015 09:17
Last Modified: 16 Oct 2015 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17686

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum