KEGIATAN PRESERVASI KOLEKSI NASKAH KUNO : STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN KAWEDANAN HAGENG PUNAKAWAN WIDYA BUDAYA KRATON YOGYAKARTA

Budi Martono, 10140054 (2015) KEGIATAN PRESERVASI KOLEKSI NASKAH KUNO : STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN KAWEDANAN HAGENG PUNAKAWAN WIDYA BUDAYA KRATON YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEGIATAN PRESERVASI KOLEKSI NASKAH KUNO : STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN KAWEDANAN HAGENG PUNAKAWAN WIDYA BUDAYA KRATON YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KEGIATAN PRESERVASI KOLEKSI NASKAH KUNO : STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN KAWEDANAN HAGENG PUNAKAWAN WIDYA BUDAYA KRATON YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktorpenyebab kerusakan naskah kuno dan penanganan serta pencegahannya di Perpustakaan Kawedanan Hageng Punakawan Widya Budaya Kraton Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Untuk instrumen penelitian berupa pedoman wawancara yang disusun berdasarkan permasalahan pada objek penelitian. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kemudian ditarik kesimpulan. Uji validitas dari penelitian ini menggunakan uji kredibilitas dan uji konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis-jenis penyebab kerusakan naskah kuno disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor biota berupa jamur dan ikan perak. Faktor fisika yaitu suhu dan kelembaban. Kemudian faktor kimia berupa korosi tinta. Faktor lain yaitu ulah manusia dan terakhir kebocoran atap ruang penyimpanan naskah. Tindakan penanganan yang dilakukan yaitu fumigasi, penambalan kertas, pemberian pembatas, pembersihan manual, alih huruf, alih bahasa dan alih media. Sedangkan untuk tindakan pencegahan dilakukan kamperisasi, pembuatan kotak pelindung, pemasangan ventilasi strimin dan termin control. Kendala-kendala yang dihadapi perpustakaan untuk melakukan penanggulangan kerusakan naskah kuno yaitu kurangnya sumber dana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kemudian kurangnya tenaga yang melakukan perawatan dan sumber listrik yang tidak mencukupi untuk kegiatan perawatan naska

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Bapak Dr. Nurdin Laugu, MA.,
Uncontrolled Keywords: kerusakan naskah, naskah kuno, preservasi.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Oct 2015 09:07
Last Modified: 16 Oct 2015 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17691

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum