PEMIKIRAN K.H. M. HASYIM ASY’ARI TENTANG KONSEP ETIKA TERHADAP BUKU DALAM KITAB ADA<B AL-‘A<LIM WA AL-MUTA'ALLIM (KAJIAN ANALISIS WACANA)

M. AINUN NAJIB, NIM 11140064 (2015) PEMIKIRAN K.H. M. HASYIM ASY’ARI TENTANG KONSEP ETIKA TERHADAP BUKU DALAM KITAB ADA<B AL-‘A<LIM WA AL-MUTA'ALLIM (KAJIAN ANALISIS WACANA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN K.H. M. HASYIM ASY’ARI TENTANG KONSEP ETIKA TERHADAP BUKU DALAM KITAB ADA<B AL-‘A<LIM WA AL-MUTA'ALLIM (KAJIAN ANALISIS WACANA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN K.H. M. HASYIM ASY’ARI TENTANG KONSEP ETIKA TERHADAP BUKU DALAM KITAB ADA<B AL-‘A<LIM WA AL-MUTA'ALLIM (KAJIAN ANALISIS WACANA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan judul Pemikiran K.H. M. Hasyim Asy‟ari tentang Konsep Etika Terhadap Buku dalam Kitab Ada>b al-‘A<lim wa al-Muta’allim (Kajian Analisis Wacana) ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana etika terhadap buku yang dikemukakan oleh K.H. M. Hasyim Asy‟ari. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait cara memanfaatkan buku sebagai sarana memperoleh ilmu pengetahuan. Diharapkan dengan adanya penelitian ini, masyarakat dapat mengetahui serta mempratekkannya dalam kehidupan sehari-hari bagaimana etika yang benar saat memanfaatkan buku. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan sumber primer kitab Ada>b al-‘A<lim wa al-Muta’allim karya K.H. M. Hasyim Asy‟ari dan beberapa literatur lain sebagai sumber data sekunder. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi dan wawancara. Adapun untuk mengolah data digunakan metode analisis wacana (discourse analysis) dengan pendekatan kritis. Mengenai penelitian ini dapat disimpulkan bahwa etika terhadap buku menurut K.H. M. Hasyim Asy‟ari dalam kitab Ada>b al-‘A<lim wa al-Muta’allim pada bab VIII meliputi lima bagian, yaitu: 1) cara memperoleh bahan pustaka harus dilakukan dengan cara yang sah menurut ajaran Islam; 2) saling pinjam meminjamkan bahan pustaka dengan catatan tidak pihak ada yang dirugikan; 3) menjaga serta merawat bahan pustaka agar tidak cepat rusak, baik ketika menggunakannya, menyusunnya, maupun ketika meletakkannya; 4) meneliti buku baik secara fisik maupun isi ketika hendak meminjamnya atau membelinya; 5) memperhatikan etika serta tata cara ketika menyalin isi buku. Dari penelitian ini, peneliti memberikan rekomendasi supaya etika terhadap buku yang terdapat dalam kitab Ada>b al-‘A<lim wa al-Muta’allim karya K.H. M. Hasyim Asy‟ari dapat dikembangkan agar sesuai dengan masa seperti sekarang ini. Penelitian ini juga harus disandingkan dengan penelitian literature karya ulama lainnya yang juga membahas mengenai etika terhadap buku. Selain itu, etika terhadap buku juga perlu dipahami, dikaji, dan dipraktekkan oleh generasi sekarang dan generasi yang akan datang agar mereka tidak terputus dari petunjuk para ulama, sehingga dengan cara itu mereka dapat memperlakukan serta memanfaatkan bahan pustaka dengan sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurdin Laugu, S.Ag., SS., MA
Uncontrolled Keywords: K.H. M. Hasyim Asy‟ari, etika terhadap buku.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Oct 2015 08:15
Last Modified: 15 Oct 2015 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17708

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum