BIMBINGAN SPIRITUALITAS BAGI LANSIA (Studi Pengajian Ibu-ibu di Masjid Nurul Muttaqin Dusun Pojok, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta)

MUHAMMAD HUDA KHAIRUDDIN, NIM 08220019 (2015) BIMBINGAN SPIRITUALITAS BAGI LANSIA (Studi Pengajian Ibu-ibu di Masjid Nurul Muttaqin Dusun Pojok, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN SPIRITUALITAS BAGI LANSIA (Studi Pengajian Ibu-ibu di Masjid Nurul Muttaqin Dusun Pojok, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN SPIRITUALITAS BAGI LANSIA (Studi Pengajian Ibu-ibu di Masjid Nurul Muttaqin Dusun Pojok, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta))
BAB I,II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (525kB)

Abstract

M. Huda Khairuddin. Setiap orang mendambakan ketenangan dan ketentraman jiwa, demikian juga Lansia di Masjid Nurul Muttaqin Condongcatur, Depok, Sleman,Yogyakarta dan untuk mendapatkan ketenangan dan ketentraman dalam jiwa sangat beragam, dalam penelitian bimbingan spiritualitas ini untuk melatih kekuatan iman dan ketenangan jiwa pada Lansia dilaksanakan dengan bimbingan spiritualitas Lansia. Sesuatu yang membuat unik dalam penelitian ini adalah meskipun ada pelaksanaan bimbingan spiritualitas keresahan masih tersemayam pada jiwa Lansia yang tinggal di lingkungan Masjid Nurul Muttaqin Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan spiritualitas bagi Lansia. Penelitian ini berguna baik secara teoritis dan praktis. Dalam ranah teoritis diharapkan berguna bagi media informasi untuk menambah keilmuan Bimbingan Konseling Islam dalam hal melaksanakan bimbingan spiritualitas pada Lansia di Masjid Nurul Muttaqin Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah pembimbing, Lansia, dan takmir sebagai penanggung jawab atas semua kegiatan di Masjid Nurul Muttaqin. Pengumpulan data diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun bimbingan spiritualitas yang diterapkan meliputi: Bina umat (pembinaan pada materi ibadah diantaranya sholat dan materi dzikir), muhadhoroh (bimbingan di khususkan pada materi akhlak, ibadah dan keimanan) tadarus Al- Qur’an (pengkajian ayat Al-Qur’an secara mendalam), pengajian itu sendiri difokuskan pada latihan membaca Al-Qur’an dan disertai dengan memahami tajwid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Abdullah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Spiritualitas Lansia.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2015 08:43
Last Modified: 20 Oct 2015 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17742

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum