PERAN KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT: STUDI DI BMT YA UMMI FATIMAH CABANG KARABAN

ELLY DZUHRI WARDANI, NIM. 11230076 (2015) PERAN KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT: STUDI DI BMT YA UMMI FATIMAH CABANG KARABAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT: STUDI DI BMT YA UMMI FATIMAH CABANG KARABAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT: STUDI DI BMT YA UMMI FATIMAH CABANG KARABAN)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2014 penduduk miskin di Indonesia mencapai angka 28,28 juta jiwa dan pada tahun 2015 ada tambahan penduduk miskin sekitar 1,9 juta jiwa. Islam mempunyai kontribusi dalam pengentasan kemiskian salah satunya dengan pengelolaan dana zakat. Atas permasalahan tersebut, donatur biasanya menitipkan zakatnya melaui Lembaga Amil Zakat (LAZ) milik pemerintah maupun swasta. Dewasa ini Koperasi Jasa keuangan Syariah (KJKS) menjadi koperasi yang membantu akses permodalan dikalangan masyarakat menengah kebawah, KJKS mempunyai tujuan mengentaskan kemiskinan melalui pemberdayaan ekonomi. BMT Ya Ummi Fatimah merupakan salah satu KJKS yang mempunyai peran dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Penelitian ini dilakukan di BMT Ya Ummi Fatimah yang merupakan BMT yang berkembang baik dan telah mempunyai tiga belas kantor cabang di Kabupaten Pati. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana peran Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) di BMT Ya Ummi Fatimah Cabang Karaban dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat dan Bagaimana hasil dari pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh Koprasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) di BMT Ya Ummi Fatimah Cabang Karaban. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif, pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik penentuan informan menggunakan snawball dengan informan kunci Bapak A. Majuri, SE selaku manajer exsternal di BMT Ya Ummi Fatimah. Hasil penelitian meunjukan bahwa (1) Peran BMT Ya Ummi Fatimah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat meliputi: akses fasilitas modal, simpanan, pendampingan mekanisme pembiayaan, selain itu BMT juga melakukan peran yang bersifat charity yaitu: penghimpunan dana, penyaluran dana dan klinik ya ummi sehat. (2) Hasil pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh BMT Ya Ummi Fatimah meliputi: adanya keberlangsungan usaha dan terciptanya lapangan kerja baru oleh anggota. Kata Kunci: Peran, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Hasil Pemberdayaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S. Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Peran, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Hasil Pemberdayaan
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Oct 2015 08:24
Last Modified: 29 Oct 2015 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17764

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum