UPAYA PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENGOLAHNAN PUPUK ORGANIK DARI DAUN JATI OLEH BAPAK RAHMAWAN RAHARDIAN SAKTI DI DUSUN PLEMBUTAN, PLAYEN, GUNUNGKIDUL

RIKE ORIZA, NIM. 11230073 (2015) UPAYA PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENGOLAHNAN PUPUK ORGANIK DARI DAUN JATI OLEH BAPAK RAHMAWAN RAHARDIAN SAKTI DI DUSUN PLEMBUTAN, PLAYEN, GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENGOLAHNAN PUPUK ORGANIK DARI DAUN JATI OLEH BAPAK RAHMAWAN RAHARDIAN SAKTI DI DUSUN PLEMBUTAN, PLAYEN, GUNUNGKIDUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENGOLAHNAN PUPUK ORGANIK DARI DAUN JATI OLEH BAPAK RAHMAWAN RAHARDIAN SAKTI DI DUSUN PLEMBUTAN, PLAYEN, GUNUNGKIDUL)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pengolahan pupuk organik dari daun jati adalah kegiatan yang didasarkan dari inovasi lokal kewirausahaan. Pengolahan pupuk organik diolah dengan menggunakan bahan baku daun jati yang kering, di Gunungkidul tepatnya di Dusun Plembutan memanfaatkan daun jati kering menjadi sesuatu yang bernilai jual ekonomis dengan membuat menjadi pupuk organik. Usaha pengolahan pupuk dapat membantu masyarakat dalam melakukan usaha dan pengembangan inovasi dan pemanfaatan SumberDaya Alam maupun SumberDaya Manusia. Pengolahan pupuk organik dari daun jati mempengaruhi tingkat pendapatan dan penyerapan tenaga kerja masyarakat Dusun Plembutan. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana upaya yang dilakukan Bapak Rahmawan dalam peningkatan ekonomi masyarakat melalui pengolahan pupuk organik dari daun jati di Dusun Plembutan, Playen, Gunungkidul dan Bagaimana hasil yang dirasakan masyarakat dari upaya peningkatan ekonomi melalui pengolahan pupuk organik dari daun jati oleh Bapak Rahmawan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, teknik penentuan informan menggunakan purposive dengan menggunakan kriteria. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya peningkatan ekonomi masyarakat melalui pengolahan pupuk organik dari daun jati oleh Bapak Rahmawan adalah : 1) Upaya Membangun Kesadaran Diri. 2) Upaya Melakukan Pembelajaran. 3) Upaya Pemasaran. 4) Upaya Manajeman Oprasional. 5) Upaya Kepemilikan Modal. Selain itu hasil yang dirasakan masyarakat adalah 1) Meyerap tenaga kerja, dengan adanya industri pengolahan pupuk organik ini mengurangi tingkat pengangguran. 2) Meningkatkan pendapatan, dengan pemanfaatan potensi yang ada menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomis mampu meningkatkan pendapatan masyarakat. 3) Menambah Pengetahuan, masyarakat yang awalnya hanya membersihkan dan membakarnya saja sekarang dengan adanya pengolahan pupuk organik, masyarakat mengetahui manfaat dan hasil yang diperoleh dari daun jati. 4) Membuka Lapangan Pekerjaan, semakin banyaknya permintaan untuk menggunakan pupuk organik dari daun jati maka dibutuhkan juga tenaga kerja. Kata Kunci: Upaya, Peningkatan Ekomi Masyarakat, Pupuk Organik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Afif Rifai, M.S.
Uncontrolled Keywords: Upaya, Peningkatan Ekomi Masyarakat, Pupuk Organik
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2015 08:16
Last Modified: 02 Nov 2015 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17765

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum