PERAN FORUM KOMUNIKASI KADER POSYANDU DAN PAUD ( FKKP ) DALAM MEMBERDAYAKAN PEREMPUAN DI DESA WONOLELO PLERET BANTUL YOGYAKARTA

ISTI’ANA YULIARTATI, NIM. 11230039 (2015) PERAN FORUM KOMUNIKASI KADER POSYANDU DAN PAUD ( FKKP ) DALAM MEMBERDAYAKAN PEREMPUAN DI DESA WONOLELO PLERET BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN FORUM KOMUNIKASI KADER POSYANDU DAN PAUD ( FKKP ) DALAM MEMBERDAYAKAN PEREMPUAN DI DESA WONOLELO PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN FORUM KOMUNIKASI KADER POSYANDU DAN PAUD ( FKKP ) DALAM MEMBERDAYAKAN PEREMPUAN DI DESA WONOLELO PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemiskinan tidak bisa dipisahkan dari kelompok perempuan. Karena kaum perempuan merupakan sebuah kelompok yang selalu terpinggirkan khususnya dalam keadaan kemiskinan. Mengerti masalah perempuan akan membantu kita untuk mengisi arti dari pada pembangunan, maka diperlukan tindakan berupa mengajak, mendorong perempuan di pedesaan untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan perempuan diberikan sebuah pembekalan keterampilan dan pembekalan pengetahuan/pendidikan hal tersebut seperti yang dilakukan Forum Komunikasi Kader Posyandu dan PAUD (FKKP) dalam memberdayakan perempuan di Dusun Wonolelo Pleret Bantul Yogyakarta. Fokus penelitian ini adalah peran dan hasil pemberdayaan FKKP dalam pemberdayaan perempuan. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data. Selanjutnya melakukan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode serta melakukan analisis dengan menggunakan metode analisis interaktif. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mendeskripsikan peran serta hasil pemberdayaan perempuan. Hasil dari penelitian ini menjabarkan bahwa peran FKKP dalam pemberdayan perempuan Wonolelo adalah terdapat tiga peran yaitu pertama peran FKKP sebagai fasilitator, kedua peran FKKP sebagai pembela, dan yang ketiga peran FKKP sebagai pelindung. Hasil pemberdayaan perempuan FKKP di Wonolelo adalah Pertama perempuan Wonolelo bebas dari kebodohan. Kedua perempuan Wonolelo menjadi lebih produktif dengan pembuatan kerajian rumahan berupa tas dari kain perca. Ketiga perempuan Wonolelo telah berpartisipasi dan ikut serta dalam pembangunan Desa. Kata Kunci: peran dan pemberdayaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Afif Rifai,M.S.
Uncontrolled Keywords: peran dan pemberdayaan
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Oct 2015 08:06
Last Modified: 27 Oct 2015 08:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17771

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum