STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DEWAN PIMPINAN WILAYAH PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM PEMILU 2014

NUR AHMAD EL AUFA, NIM. 08210045 (2015) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DEWAN PIMPINAN WILAYAH PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM PEMILU 2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DEWAN PIMPINAN WILAYAH PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM PEMILU 2014)
08210045_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DEWAN PIMPINAN WILAYAH PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM PEMILU 2014)
08210045_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB)

Abstract

Partai Persatuan Pembanguan (PPP) merupakan partai yang telah malang melintang dalam kontestasi perpolitikan di Indonesia. Perolehan suara PPP pada konstelasi Pemilu yang perdana tahun 1977 hingga Pemilu terakhir tahun 2014 selalu fluktuatif. Bahkan sejak era reformasi, elektoral PPP semakin mengalami penurunan jumlah suara kecuali pada Pemilu 2014 yang meningkat nyaris dua kali lipat. Akan tetapi konfigurasi peningkatan jumlah suara PPP pada pemilu terakhir tidak berkorelasi positif dengan perolehan kursi di parlemen. Sehingga pada tahun 2014 bisa dikatakan PPP mengalamistagnasi. Kemandegan tersebut terjadi di tingkat nasional maupun di level regional, dalam hal ini adalah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dalam penelitian ini, peneliti mengusung rumusan masalah sebagai berikut; bagaimana strategi komunikasi politik Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Pemilu 2014? Yang bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi politik Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Pemilu 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif intrepretatif analisis yang bermaksud untuk menjelaskan fenomena secara mendalam melalui pengumpulan data. Adapun teknik pengumpulan data yakni melalui teknik wawancara mendalam dan dokumentasi. PPP DIY dalam strategi komunikasi politiknya menggunakan teori political marketing strategy atau strategi marketing politik yang meliputi segmentasi, targeting, dan positioning. Selain itu, teori komunikasi politik yang meliputi komponen-komponen komunikasi politik untuk menganalisis komunikator politik, khalayak politik, pesan politik, saluran politik, dan efek politik juga digunakan oleh PPP DIY dalam menunjang strategi komunikasi politiknya. PPP DIY menerapkan teori efektifitas komunikasi politik untuk mengetahui strategi komunikasi politik yang dijalankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mohammad Zamroni, S.Sos.I, M.Si.
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi politik, DPW PPP DIY
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Oct 2015 11:32
Last Modified: 19 Oct 2015 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17776

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum