REPRESENTASI RELIGIUSITAS TOKOH FIKRI DALAM FILM KETIKA TUHAN JATUH CINTA (ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES)

MAYANG TRIANI DEVI, NIM. 11210027 (2015) REPRESENTASI RELIGIUSITAS TOKOH FIKRI DALAM FILM KETIKA TUHAN JATUH CINTA (ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REPRESENTASI RELIGIUSITAS TOKOH FIKRI DALAM FILM KETIKA TUHAN JATUH CINTA (ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES))
11210027_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (REPRESENTASI RELIGIUSITAS TOKOH FIKRI DALAM FILM KETIKA TUHAN JATUH CINTA (ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES))
11210027_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui Representasi Religiusitas Tokoh Fikri Dalam Film Ketika Tuhan Jatuh Cinta (Analisis Semiotik Roland Barthes) dengan tujuan mengetahui religiusitas yang di represetasikan melalui tokoh Fikri dalam Film Ketika Tuhan Jatuh Cinta.Religiusitasmerupakan hal yang penting karena bisa mempengaruhi seorang individu secara kognitif dan perilaku. Penelitian ini dilakukan dengan analisis Semiotik Roland Barthes dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah representasi religiusitas Tokoh Fikri melalui adegan maupun dialog dalam scene Film Ketika Tuhan Jatuh Cinta, sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah Film yang berjudul Ketika Tuhan Jatuh Cinta. Teknik pengumpulan data dengan teknik dokumentasi, dari sumber data primer berupa video compact disk (VCD) Film Ketika Tuhan Jatuh Cinta. Kesimpulan dari penelitian ini pada Film Ketika Tuhan Jatuh Cinta terdapat scene berupa adegan maupun dialog yang termasuk dalam lima dimensi religiusitas yang ditampilkan melalui tokoh Fikri yaitu : 1) Keterlibatan Keyakinan, 2) Keterlibatan praktik agama, 3) Keterlibatan Pengetahuan Agama, 4) Keterlibatan Pengalaman, 5) Keterlibatan Pengamalan. Tanda dimensi religiusitas dalam Film Ketika Tuhan Jatuh Cinta ditampilkan secara sederhana karena bercerita tentang kehidupan sehari-hari. Maka Film ini dapat menjadi media dakwah karena mengandung pesan moral yaitu berupa representasi religiusitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nanang Mizwar Hasyim
Uncontrolled Keywords: Representasi, Religiusitas, Film, Analisis Semiotik Roland Barthes.
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Oct 2015 11:47
Last Modified: 19 Oct 2015 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17788

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum