PESAN TOLERANSI DALAM SKH REPUBLIKA (KONSTRUKSI PESAN TOLERANSI DALAM PEMBERITAAN RUU PERLINDUNGAN UMAT BERAGAMA PADA SKH REPUBLIKA EDISI DESEMBER 2014 SAMPAI JANUARI 2015)

SRI MARTININGSIH, NIM. 11210078 (2015) PESAN TOLERANSI DALAM SKH REPUBLIKA (KONSTRUKSI PESAN TOLERANSI DALAM PEMBERITAAN RUU PERLINDUNGAN UMAT BERAGAMA PADA SKH REPUBLIKA EDISI DESEMBER 2014 SAMPAI JANUARI 2015). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PESAN TOLERANSI DALAM SKH REPUBLIKA (KONSTRUKSI PESAN TOLERANSI DALAM PEMBERITAAN RUU PERLINDUNGAN UMAT BERAGAMA PADA SKH REPUBLIKA EDISI DESEMBER 2014 SAMPAI JANUARI 2015))
11210078_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (21MB) | Preview
[img] Text (PESAN TOLERANSI DALAM SKH REPUBLIKA (KONSTRUKSI PESAN TOLERANSI DALAM PEMBERITAAN RUU PERLINDUNGAN UMAT BERAGAMA PADA SKH REPUBLIKA EDISI DESEMBER 2014 SAMPAI JANUARI 2015))
11210078_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sri Martiningsih 11210078. Pesan Toleransi dalam SKH Republika (Konstruksi Pesan Toleransi dalam pemberitaan RUU Perlindungan Umat Beragama pada SKH Republika Edisi Desember 2014 sampai Januari 2015. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2015. RUU Perlindungan Umat Beragama (PUB) merupakan penjabaran lebih lanjut dari konstitusi pasal 29 ayat 2, yakni negara menjamin kemerdekaan tiap penduduk untuk memeluk agama dan beribadah menurut ajaran agama masing-masing. Selama proses penyusunan draf RUU PUB muncul pro dan kontra dari berbagai pihak atas perlu atau tidaknya peraturan tersebut. SKH Republika merupakan media cetak yang berskala nasional, memiliki kebijakan tersendiri dalam mengkonstruksi pesan yang ingin disampaikan kepada khalayak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi pesan toleransi yang di bentuk oleh SKH Republika melalui pemberitaan RUU PUB dengan metode analisis framing model Robert N Entman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analisis isi deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Setalah melakukan penelitian, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SKH Republika mengkonstruksikan pesan toleransi lebih menekankan pada dua pesan yaitu Menghormati Keyakinan Orang Lain dan Agree in Disagreement (Setuju Dalam Perbedaan). SKH Republika menyampaikan pesan melalui pemberitaan RUU PUB lebih menekankan dua pesan tersebut agar masyarakat mampu menggalang toleransi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. M. Kholili, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Republika, RUU PUB, Toleransi
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Oct 2015 12:17
Last Modified: 19 Oct 2015 12:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17797

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum