KOMUNIKASI DAKWAH (KAJIAN TENTANG SPIRITUALITAS SUJIWO TEJO DI KOLOM SENGGANG JAWA POS )

RIZA YAHYA FAUZI, NIM. 11210099 (2015) KOMUNIKASI DAKWAH (KAJIAN TENTANG SPIRITUALITAS SUJIWO TEJO DI KOLOM SENGGANG JAWA POS ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMUNIKASI DAKWAH (KAJIAN TENTANG SPIRITUALITAS SUJIWO TEJO DI KOLOM SENGGANG JAWA POS ))
11210099_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KOMUNIKASI DAKWAH (KAJIAN TENTANG SPIRITUALITAS SUJIWO TEJO DI KOLOM SENGGANG JAWA POS ))
11210099_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Metode dan teknik berdakwah harus selalu berkembang dan kreatif, seperti yang dilakukan Sujiwo Tejo dalam setiap tulisanya. Kolom senggang Jawa Pos merupakan salah satu bentuk metode dakwah dengan bahasa yang berbeda, menggunkana cerita rakyat dan tokoh wayang sebagai metode komunikasinya. Jenis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitataif. Penelitian ini berusaha mengungkapkan dan menemukan bagaimana sujiwo tejo mengkomunikasikan dakwahnya. setiap opini yang ditulis banyak menggunakan tokoh cerita wayang yang dikaitkan dengan kehidupan nyata yang terjadi di era saat ini yang mana didalam opini tersebut terdapat banyak proses komunikasi dakwah dan nilai dakwah yang mengandung spiritualitas Sujiwo Tejo. Sujiwo Tejo banyak menggunakan bahasa saru, sindiran bahkan kasar sehingga perlu dikaji lebih mendalam supaya mengetahui nilai islam yang nampak maupun tersembunyi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya proses komunikasi dakwah yang dilakukan Sujiwo Tejo dalam rubrik senggang Jawa Pos. komunikasi tersebut menunjukkan adanya komunikator, komunikan, pesan, media dan efek. Komunikasi dakwah tersebut mengacu pada nilai spiritual yang mengandung muatan akhlak mahmudah, madzmumah dan tujuan hidup manusia. bahwa banyak kata maupun kalimat yang mengandung nilai-nilai dakwah yang tersembunyi yang perlu untuk dikaji lebih mendalam sehingga mampu di pahami masyarakat luas. Dalam penelitian ini diambil sebelas rubrik dalam satu tahun, yaitu pada bulan maret, mei, juni, agustus, September, oktober, dan November. Presentasinya menunjukkan bahwa akhlak mahmudah 37,5%, akhlak madzmumah 50%, dan tujuan hidup manusia 12,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Faisal Ismail, M.A
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Dakwah, Nilai Spiritual, Analisis Deskriptif Kualitatif
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Oct 2015 12:18
Last Modified: 19 Oct 2015 12:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17798

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum