FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHIMINATTAKMIR MASJID lJNTUK MENGELOLA DANA INFAQ MASJID MELALUI BAITUL MAL WAT TAMWIL (STUDI KASUS DI KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA)

AHMAD MUNASIR, 02391595 (2007) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHIMINATTAKMIR MASJID lJNTUK MENGELOLA DANA INFAQ MASJID MELALUI BAITUL MAL WAT TAMWIL (STUDI KASUS DI KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHIMINATTAKMIR MASJID lJNTUK MENGELOLA DANA INFAQ MASJID MELALUI BAITUL MAL WAT TAMWIL (STUDI KASUS DI KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHIMINATTAKMIR MASJID lJNTUK MENGELOLA DANA INFAQ MASJID MELALUI BAITUL MAL WAT TAMWIL (STUDI KASUS DI KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHIMINATTAKMIR MASJID lJNTUK MENGELOLA DANA INFAQ MASJID MELALUI BAITUL MAL WAT TAMWIL (STUDI KASUS DI KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA) AHMAD MlJNASIR 02391595 Berdasarkan suatu analisis empiris. pcnclitian ini menguji pengaruh variabcl daya tarik baitul mal wat tamwil yang tcrdiri dari kesesuaian det!gan syar'i, kemanfaatan dan peran dalam perekonomian umat terhadap minat takmir masjid untuk mengelola dana infaq masjid melalui baitul mal wat tamwil. Permasalahan yang dibahas yaitu apakah variabel-variabel tersebut berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap minat takmir baik secara sendiri maupun bersama-sama. Populasi takmir masjid yang berjumlah 660 orang, diambil 103 secara random sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket kepada responden serta dari literatur dan informasi terkait. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif yaitu analisis data yang digunakan untuk melengkapi analisis kuantitatif yang datanya d1peroleh dari angket. Sedangkan analisis kuantitatif menggunakan teknik uji asumsi klasik dan regresi berganda. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kotagede dari bulan Oktober - Desember 2006. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat pengaruh antara daya tarik baitul mal wat tamwil (kesesuaian dengan syar'i, kemanfaatan dan peran dalam perekonomian umat) terhadap minat takmir masjid baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Dari hasil pcrhitungan statistik diperoleh harga koefisien regresi 0.334 dengan probabilitas scbesar 0.000 di bawah 0.05. Besarnya pengaruh secara sendiri-sendiri yaitu kesesuaian dengan syar'i (0 017), kemanfaatan (0.000) dan peran dalam perekonomian umat (0.016) < 0.05 (alpha 5 %) yang berarti terdapat pengaruh. Adapun besar pengaruh secara bersama-sama dapat dilihat dari nilai R Square yaitu sebesar 0.592. Hal ini berarti daya tarik baitul mal wat tamwil memberikan kontribusi sebesar 59.2 % terhadap minat takmir masjid untuk mengelola dana infaq masjid melalui baitul mal wat tamwil. Sedangkan yang lain dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Malik Ibrahim, M.Ag
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 20 Oct 2015 10:11
Last Modified: 20 Oct 2015 10:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17840

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum