PERBANDINGAN KINERJA REKSA DANA PNM AMANAH SYARIAH DENGAN REKSA DANA PNM DANA SEJAHTERA II PADA PT PNM INVESTMENT MANAGEMENT

FAJAR SHIDDIQ KURNIAWAN, 03390542 (2007) PERBANDINGAN KINERJA REKSA DANA PNM AMANAH SYARIAH DENGAN REKSA DANA PNM DANA SEJAHTERA II PADA PT PNM INVESTMENT MANAGEMENT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN KINERJA REKSA DANA PNM AMANAH SYARIAH DENGAN REKSA DANA PNM DANA SEJAHTERA II PADA PT PNM INVESTMENT MANAGEMENT)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (35MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN KINERJA REKSA DANA PNM AMANAH SYARIAH DENGAN REKSA DANA PNM DANA SEJAHTERA II PADA PT PNM INVESTMENT MANAGEMENT)
BAB II, III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Reksa dana merupakan salah satu instrumcn investasi yang diperdagangkan di Pasar Modal Indonesia. Perkembangan pesat reksa dana terjadi sejak pertengahan tahun 1996. Sampai saat ini telah tercatat sebanyak 347 jumlah reksa dana yang tcrdiri dari Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Saham, dan Reksa Dana Campuran baik reksa dana syariah maupun reksa dana konvensional. Sama halnya dengan reksa dana konvensional, reksa dana syariah juga mempunyai bentuk dan jenis yang sama. Hanya saja reksa dana syariah mempunyai tujuan yang berbeda dengan reksa dana konvensional. Reksa dana syariah ditujukan untuk memenuhi kelompok investor yang menginginkan memperoleh pendapatan investasi dari sumber dana dengan cara yang sesuai dengan syariah Islam. Dengan semakin banyaknya jumlah reksa dana baik reksa dana syariah dan konvensional serta manajer investasi di Indonesia, pilihan investasi menjadi sangat penting untuk lebih terfokus sesuai dengan tujuan investasi. Kesalahan dalam memilih jenis reksa dana akan menurunkan return on investment. Oleh karena itu investor diharapkan mempunyai standar pengukuran (benchmark) dalam melaksanakan invcstasinya. Penelitian ini ditujukan untuk membandingkan kinerja antara Reksa Dana PNM Amanah Syariah dengan Reksa Dana PNM Dana Sejahtera ll yang berada dalam satu manajer investasi yaitu PT PNM Investment Management. Analisis deskriptif untuk membandingkan kinerja dua reksa dana tersebut dengan menggunakan Metode Sharpe, Treynor, Jensen, dan M2 (M-Squared). Sedangkan analisis statistik penelitian ini adalah dengan menggunakan uji beda t test, untuk menguji apakah terdapat perbedaan kinerja yang signifikan antara reksa dana syariah dengan reksa dana konvensional yang merupakan uji hipotesis dalam penelitian ini. Hasil pengujian dengan menggunakan Metode Sharpe dan M-Squared, Reksa Dana PNM Amanah Syariah mempunyai kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Reksa Dana PNM Dana Sejahtera II. Sedangkan dengan menggunakan Metode Treynor dan Jensen, kinerja Reksa Dana PNM Dana Sejahtera II lebih baik jika dibandingkan dengan kinerja Reksa Dana PNM Amanah Syariah. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji beda t-tcst menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kinerja yang signifikan antara Reksa Dana PNM Amanah Syariah dengan Reksa Dana PNM Dana Sejahtera II

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MISNEN ARDIANSYAH, SE., M.,Si
Uncontrolled Keywords: reksa dana syariah, reksa dana konvensional, investasi, kinerja
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 20 Oct 2015 11:27
Last Modified: 20 Oct 2015 11:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17873

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum