PENGEMBANGAN FILM EDUKASI KIMIA PADA POKOK BAHASAN ASAM, BASA, DAN GARAM UNTUK SMP/MTS KELAS VII

MUR MADIYATSIH CAHYA RATNA SIWI, NIM. 11670010 (2015) PENGEMBANGAN FILM EDUKASI KIMIA PADA POKOK BAHASAN ASAM, BASA, DAN GARAM UNTUK SMP/MTS KELAS VII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN FILM EDUKASI KIMIA PADA POKOK BAHASAN ASAM, BASA, DAN GARAM UNTUK SMP/MTS KELAS VII)
11670010_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN FILM EDUKASI KIMIA PADA POKOK BAHASAN ASAM, BASA, DAN GARAM UNTUK SMP/MTS KELAS VII)
11670010_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan film edukasi kimia pada pokok bahasan asam, basa, dan garam untuk SMP/MTs kelas VII merupakan Research and Development (R & D). Penelitian bertujuan untuk mengkaji karakteristik film edukasi kimia untuk SMP/MTs kelas VII pada pokok bahasan asam, basa, dan garam menggunakan pendekatan kontekstual, serta mengkaji kelayakan film edukasi yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian oleh pendidik dan respon dari peserta didik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model prosedural deskriptif. Model ini menggunakan lima tahap pelaksanaan strategi sebagaimana yang tertuang dalam siklus penelitian dan pengembangan Borg and Gall (2010). Tahapan-tahapan tersebut meliputi: (1) tahap penelitian dan pengumpulan data; (2) tahap perencanaan; (3) tahap pengembangan; (4) tahap uji coba awal; (5) tahap revisi produk. Produk film edukasi kimia asam, basa, dan garam ditinjau oleh dosen pembimbing, dosen ahli yang terdiri dari dosen ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, serta lima orang peer reviewer. Kelayakan film edukasi dinilai oleh tiga guru IPA serta direspon oleh 15 peserta didik SMP Budi Luhur dan 29 peserta didik SMP Piri 2. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian skala guttman (skala dua) 25 aspek untuk mengetahui kelayakan produk dan lembar respon skala guttman (skala dua) berisi 14 aspek untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk. Kemudian dianalisis untuk menentukan kelayakan film edukasi. Karakteristik produk film edukasi kimia pada pokok bahasan asam, basa, dan garam untuk SMP/MTs kelas VII yang dikembangkan antara lain berisi materi pokok asam, basa, dan garam dengan pendekatan kontekstual yaitu: (1) kontruktivisme; (2) inkuiri; (3) bertanya; (4) masyarakat belajar; (5) permodelan; (6) refleksi; (7) penilaian nyata, ukuran file sebesar 1,21 Giga Bytes (GB), berdurasi 31 menit 14 detik, film total bitrate sebesar 5568 kbps dan audio bitrate 384 kbps dimuat dalam bentuk kepingan DVD format file mpeg. Pengisi suara (dubber) adalah peneliti. Setelah dilakukan uji coba menunjukkan bahwa produk layak untuk digunakan dengan melihat penilaian dan respon dari peserta didik diatas 50%. Hasil penilaian menurut tiga guru IPA memperoleh skor 72 dengan persentase keidealan sebesar 96,04%, sedangkan respon peserta didik mendapat skor 195 dengan persentase keidealan 92,86% di SMP Budi Luhur dan skor 371 dengan persentase keidealan 91,38% di SMP Piri 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Film Edukasi, Kimia, Asam, Basa, dan Garam.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Oct 2015 11:30
Last Modified: 20 Oct 2015 11:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17874

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum