PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI MODERATING VARIABEL PADA PT. BPRS FORMES SLEMAN D.I YOGYAKARTA

ABDUL MUIZ, NIM. 10240080 (2015) PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI MODERATING VARIABEL PADA PT. BPRS FORMES SLEMAN D.I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI MODERATING VARIABEL PADA PT. BPRS FORMES SLEMAN D.I YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI MODERATING VARIABEL PADA PT. BPRS FORMES SLEMAN D.I YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (915kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap produktivitas karyawan dengan religiusitas sebagai moderating variabel di PT. BPRS FORMES. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat field research yaitu sebuah studi penelitian yang mengambil data autentik secara obyektif atau studi lapangan. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Hasil analisis disajikan dalam bentuk angka-angka kemudian dijelaskan dan diinterpretasikan dalam suatu uraian. Metode pengumpulan data pada penelitian adalah menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini digunakan tiga variabel yaitu lingkungan kerja sebagai variabel independen (bebas), produktivitas sebagai variabel dependen (terikat) dan religiusitas sebagai variabel moderating (memperkuat/memperlemah hubungan langsung antara variabel independen dengan variabel dependen). Analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dan MRA (moderating regresi analysis). Hasil penelitian ini melalui beberapa tahap pengujian dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows meliputi uji validitas pada 25 item skala lingkungan kerja terdapat 23 item valid dan 2 item gugur dengan angka Corrected Item Total Correlation < 0,404. Pada skala produktivitas terdapat 18 item valid dan 2 item gugur dari 20 item pernyataan dengan angka Corrected Item Total Correlation < 0,404. Pada skala religiusitas terdapat 16 item valid dan 4 item gugur dari 20 item pernyataan dengan angka Corrected Item Total Correlation < 0,404. Pada uji reliabilitas dengan angka Cronbach’s Alpha skala lingkungan kerja sebesar 0,928, skala produktivitas karyawan sebesar 0,944, dan skala religiusitas sebesar 0,732, maka ketiganya memiliki angka > 0,7 dan dinyatakan dapat digunakan sebagai alat pengumpulan data. Uji normalitas menghasilkan angka Asymp. Sig sebesar 0,098 > 0,05 menunjukan sebaran data berdistribusi normal. Uji multikolinearitas menghasilkan angka Collinearity Statistics dengan nilai Tolerance 0,833 > 0,1 dan nilai VIF 1,133 < 10 maka tidak terjadi masalah multikolinearitas. Uji heteroskedastisitas menghasilkan nilai sig. skala lingkungan kerja sebesar 0,702, skala religiusitas sebesar 0,816 dan constant sebesar 0,842, maka ketiganya memiliki angka > 0,05 maka tidak terjadi gejala heteroskedastiditas. Pada uji autokorelasi menghasilkan nilai Durbin Watson sebesar 1,949 maka 1,546 (du) < 1,949 (d) < 2,454 (4-du) hal ini menunjukan tidak terjadinya autokorelasi. Uji hipotesis dari beberapa pengujian yaitu uji persamaan determinasi, persamaan statistik F, persamaan uji t dan MRA terdapat pengaruh lingkungan kerja dengan produktivitas secara positif dan signifikan (H₁) sebesar 90,1%. Dan pengaruh religiusitas memoderasi (memperkuat) secara positif dan signifikan antara lingkungan kerja dengan produktivitas (H₂) sebesar 10,6%. Kata Kunci: Lingkungan Kerja, Religiusitas, Produktivitas Karyawan, BPRS FORMES Sleman D.I.Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Rosyid Ridla, M.si
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Kerja, Religiusitas, Produktivitas Karyawan, BPRS FORMES Sleman D.I.Yogyakarta
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Nov 2015 08:18
Last Modified: 04 Nov 2015 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17900

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum