MANAJEMEN MASJID AGUNG SUNDA KELAPA JAKARTA

RENO ARDIANTO, NIM. 10240076 (2015) MANAJEMEN MASJID AGUNG SUNDA KELAPA JAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN MASJID AGUNG SUNDA KELAPA JAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN MASJID AGUNG SUNDA KELAPA JAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (802kB)

Abstract

Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta dijadikan sebagai lokasi penelitian oleh peneliti sebab pengelolaan masjid telah teraplikasi sehingga program dan kegiatan terlaksana dengan baik. Hal itu ditunjukkan dengan program kegiatan yang diselenggarakan diminati jamaah dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Keanekaragaman dan keunikan program yang dimiliki Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta menjadi daya tarik tersendiri untuk meneliti masjid ini. Manajemen masjid mempunyai peranan penting bagi keberhasilan program kegiatan di Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan dan menguraikan data secara sistematik. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang berasal dari internal masjid. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Media yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan handphone, kamera digital, dan buku catatan. Teknik pengecekan keabsahan sumber data yang digunakan adalah dengan triangulasi metode. Fokus dalam penelitian ini adalah mengenai manajemen program masjid yang meliputi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengawasan (controlling) di Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta. Analisis data yang digunakan adalah dengan analisis kualitatif menurut Moeleong, yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menjabarkannya sehingga hasil penelitian sesuai keadaan yang sesungguhnya terjadi di lapangan. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa di Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta sudah mempunyai konsep perencanaan dalam Garis Besar Program Kerja (GBPK) dan rencana kerja yang diwujudkan dalam program kerja tahunan dan penyusunan anggaran. Proses pengorganisasian sudah terdapat pembagian tugas dan wewenang secara kompleks dan rinci yaitu Dewan Kehormatan, Dewan Pakar, Dewan Pengurus, Badan Pelaksana (level atas) dan karyawan (level bawah). Penggerakan dilakukan berdasarkan komando secara struktur (dari atas ke bawah) dengan model komunikasi langsung dan kepemimpinan demokratis. Pengawasan dilakukan secara internal melalui Dewan Kehormatan, auditor, dan rapat evaluasi, pengawasan eksternal langsung oleh jamaah dengan mengadakan open house. Kata kunci: Manajemen, Masjid, Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Penggerakan (Actuating), dan Pengawasan (Controlling).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Maryono, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Masjid, Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Penggerakan (Actuating), dan Pengawasan (Controlling)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Oct 2015 08:06
Last Modified: 27 Oct 2015 08:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17905

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum